Alasan Umat Muslim Tiongkok Dilarang Puasa

Alasan Umat Muslim Tiongkok Dilarang Puasa

Lori Official Writer
3944

Aksi protes para aktivis Xinjiang beberapa hari lalu dipicu oleh larangan puasa bagi pegawai negeri, siswa dan guru etnis minoritas Uighur beragama Muslim di wilayah Xinjiang, China. Dalam aksi protesnya, mereka menuntut kebebasan beragama dan tekanan politik selama bulan Ramadan.

 

“Tindakan China yang melarang Uighur melakukan keyakinannya akan menciptakan lebih banyak konflik. Kami menyerukan China untuk memastikan kebebasan beragama untuk mesyarakat Uighur dan menghentikan penindasan politik saat Ramadan,” kata juru bicara Kongres Uighur Dunia, Dilxat Raxit, Kamis (3/7), seperti dilansir Sindonews.com.

 

Pelarangan itu telah diterbitkan oleh beberapa departemen pemerintah di situs-situs resmi pemerintah Tiongkok beberapa waktu lalu. “PNS dan pelajar tidak boleh berpuasa dan melakukan aktivitas keagamaan lainnya. Larangan ini untuk semua anggota partai (Partai Komunis Tiongkok), guru, dan pemuda,” seperti tertulis dalam situs departemen perdagangan Tiongkok.

 

Pelarangan ini bukanlah kali pertama, etnis minoritas beragama Muslim ini telah mendapat larangan berpuasa dari Partai Komunis Tiongkok yang paling berkuasa di China selama bertahun-tahun. Pemerintah beralasan untuk menjaga kesehatan para pegawai negerinya. Umat Muslim bahkan diiming-imingi sarapan gratis setiap Senin.

 

Atas tindakan itu, para aktivis berontak dan menuntut kebebasan beragama. “Kami meminta pemerintah untuk memberikan kebebasan bagi Muslim Uighur dan berhenti memberikan tekanan politik saat Ramadan,” tandas Raxit.

 

Partai Komunis Tiongkok dikenal kerap melakukan tindakan intoleran bagi etnis minoritas di Xinjiang dengan mengekang kemerdekaan beragama, yang kemudian disambut dengan pecahnya konflik.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Potensi Ancaman Suksesnya Pilpres

 

3 Kejutan Tak Terduga Bagi Kubu Jokowi-JK

 

JK: Debat Bukan Soal Menang dan Kalah

Dokter: Puasa Sembuhkan Maag Fungsional

4 Kreatifitas Unik Sepanjang Kampanye Capres

Sumber : Jaringannews/Sindonews.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami