Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
3513


Sebagian dari pekerja kantoran memutuskan untuk meniti karir dari rumah, alasannya beragam, ada yang memilih sebagai ibu rumah tangga sembari bekerja sambilan, ada pula yang beralasan untuk meningkatkan penghasilan yang lebih besar.

 

Selain bekerja sebagai pegawai kantoran, bekerja dari rumah memang menjadi pilihan. Contohnya dengan menjadi pekerja freelance di bidang yang diminati misalnya: jadi penulis, pengalih bahasa, desainer, pengelola sosial media perusahaan atau membuka usaha rumahan (kerajinan tangan atau toko online). Namun bukan berarti Anda terlepas dari tantangan yang akan dihadapi saat memutuskan berkarir dari rumah. Pelajari dan persiapkan diri Anda untuk menghadapi 5 tantangan ini.

 

#Managemen waktu

 

Bekerja di kantoran memang akan menuntut Anda untuk dapat lebih berdisiplin sesuai dengan peraturan perusahaan. Namun berbeda dengan bekerja untuk diri sendiri. Anda adalah pusat motivasi bagi kesuksesan diri Anda sendiri, dan titiknya terletak pada manajemen waktu bekerja Anda. Bersiaplah untuk memimpin diri Anda sendiri bila sewaktu-waktu Anda dikejar oleh beragam deadline proyek yang membanjiri Anda.

 

Selain itu, bekerja di rumah penuh dengan godaan, apalagi bagi Anda ibu rumah tangga. Kesibukan mengurus anak dan suami tentu saja menyita banyak waktu. Dari itu, cobalah untuk membuat jadwal bekerja sendiri, seperti mengambil waktu di pagi hari ketika anak-anak ke sekolah dan suami ke kantor.

 

#Fokus kerja

 

Fokus kerja sangatlah penting bagi Anda yang memiliki deadline kerja ketat. Bekerja di rumah tentu saja akan menghadapi banyak godaan yang membuat konsentrasi dan mood Anda turun. Misalnya, dengan adanya televisi atau camilan enak yang menggoda membuat perhatian Anda teralihkan. Bekerja di rumah bukan berarti Anda tidak dapat memiliki kantor sendiri. Anda dapat menyulap sebuah ruangan di rumah menjadi kantor pribadi yang nyaman dan terhindar dari beragam keributan.

 

#Jadwal berantakan

 

Bekerja dari rumah tanpa control siapapun bisa saja membuat Anda lengah. Manajemen waktu bahkan seakan tidak cukup. Dengan demikian, pastikan Anda memiliki jadwal kerja mingguan sebagai daftar pekerjaan per hari, dan pastikan Anda tegas pada diri sendiri untuk mematuhinya sehingga pekerjaan Anda tidak menumpuk dan memiliki waktu luang untuk keluarga atau aktifitas lainnya.

 

# Minim koneksi

 

Sebagian orang beranggapan bahwa bekerja dari rumah akan mematikan atau semakin membatasi koneksi dengan orang lain. Sebab Anda hanya dapat berkomunkasi dengan email atau messenger. Nah, pandangan ini tidak akan berlaku bila Anda memilih cara kreatif bekerja dari rumah dengan sesekali mengajak relasi Anda untuk bertemu di luar rumah seperti di coffee shop atau makan siang. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media untuk memperluas jaringan Anda.

 

# Penghasilan tak menentu

 

Salah satu tantangan yang akan Anda hadapi dalam berkarir dari rumah adalah penghasilan yang tidak menentu. Ada musim bagi Anda kebanjiran proyek yang meningkatkan pengahsilan Anda, namun ada pula musim bagi Anda saat tawaran proyek tak kunjung datang.

 

Dengan demikian, cobalah untuk mengatur pengeluaran Anda sedemikian rupa dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan sebelumnya sebagai pegangan sembari menunggu datangnya proyek baru.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Jarak Rumah-Kantor Pengaruhi Produktivitas Kerja

Untung Menggiurkan, Pilih Bisnis Sewa Rumah atau Kos-kosan?

JK: Debat Bukan Soal Menang dan Kalah

Paulus dan Lena: Cinta Sejati yang Membangkitkan

3 Kejutan Tak Terduga Bagi Kubu Jokowi-JK


Sumber : Tabloidnova.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

1 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

advertise with us