Ajari anak tentang KASIH SAYANG
Sumber: google

Pelayanan Anak / 28 June 2014

Kalangan Sendiri

Ajari anak tentang KASIH SAYANG

Hevi Teri Official Writer
1193

Jaga kesehatan mental anda

Menjadi orang tua masa kini memang tidak mudah. Mendidik dan membesarkan anak bukanlah perkara gampang. Wajar jika kita sebagai orang tua merasa depresi, tertekan karena masalah yang kita hadapi . Kebutuhan ekonomi, masalah di pekerjaan, belum lagi situasi di perjalanan…macet misalnya, sudah memberikan stress tersendiri bagi kita.
Bila memang itu terjadi, segeralah atasi. Anda bisa mencaripasangan, keluarga, teman dekat untuk curhat atau mencari professional yang ada.

Orang tua yang depresi biasanya cenderung akan memperlihatkan contoh – contoh yang buruk kepada anak. Suasana rumah juga menjadi tidak kondusif dan tidak nyaman. Hal ini tentunya akan berpengaruh pula pada perkembangan mental anak
Bila kita memiliki mental yang sehat ,maka anak- anak kita pun akan memiliki mental yang sehat pula.


Memelihara keharmonisan dengan pasangan

Keharmonisan orang tua berperan penting untuk mewujudkan kebahagiaan anak. Banyak kasus anak tumbuh menjadi pribadi yang terganggu secara psikologis akibat keretakan hubungan orangtua bahkan perceraian orang tua.
Bila setiap hari anak kita di suguhkan dengan perselisihan dan pertengkaran orang tua tentunya hal itu akan tertanam dalam diri anak dan menjadi contoh bagi anak untuk cenderung melakukan pertengkaran dan perselisihan pula dalam hidupnya.

Apalagi bila kita memiliki anak usia remaja, dan kita sebagai orang tua terpaksa harus bercerai karena ketidakcocokan, maka anak kita akan merasa bahwa penyebab dari penceraian itu adalah mereka. Dan konsep diri anak pun menjadi negatif.
Bila konsep diri anak menjadi negatif, bisa dipastikan mereka akan sulit tersenyum apalagi bahagia.


Ajari anak tentang kasih sayang

Ajarkan anak tentang kasih sayang dan bagaimana cara memberi atau mengungkapkan kasih sayang tersebut, Ekspresikanlah rasa sayang anda kepada anak dengan memeluk, mengusap atau mencium nya. Bisa juga diungkapkan secara verbal , misalnya mengatakan setiap hari kepada anak anda misalnya “mama/papa sayang sama………….” (sebut namanya).
Dengan mendengar kata – kata serta sikap kasih setiap harinya, maka anak kita akan tumbuh pula dengan kasih.
Dan ia akan dengan mudah mengasihi orang lain. Dengan memberi kasih kepada orang lain, anak kita akan ikut mejadi bahagia.

Ingat, kita akan memberi yang kita punya. Jika kita punya kasih, maka kita akan memberi kasih pada anak kita, dengan demikian anak kita pun akan menebar kasih kepada teman – temannya… dan hal ini akan membuatnya mejadi bahagia.

 

by. Cisca Gazali 'Kita dan Anak Kita'

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami