Prinsip-prinsip Pendidikan Kristen untuk Anak-5
Sumber: google

Pelayanan Anak / 28 June 2014

Kalangan Sendiri

Prinsip-prinsip Pendidikan Kristen untuk Anak-5

Hevi Teri Official Writer
4504

Apa yang menjadi fokus utama dalam pendidikan anak dari perspektif Kristen?

Pendidikan anak dalam perspektif Kristen harus memiliki tujuan utama yaitu mempersiapkan anak dalam kehidupan masa kini dan kehidupan kekal dalam Yesus Kristus. Tujuan pendidikan bukan hanya mengejar pengetahuan semata untuk persiapan masa kini, persiapan mendatang, dan untuk kekekalan. Pendidikan tidak semata sebatas kehidupan masa kini namun “goes beyond this life“?, pendidikan dari perspektif Alkitab harus menyiapkan murid bukan hanya preparation for this life tetapi preparation beyond this life.

Guru dan orangtua Kristen tidak boleh lupa bahwa satu-satunya esensi pendidikan Kristen dalam arti yang sesungguhnya adalah mengenalkan mereka pada Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka. Pendidikan anak harus mengenal Kristus sebagai keutamaan dalam semua aspek kehidupan. Kehadiran Kristus haruslah menjadi fokus dalam sepanjang waktu kehidupan anak, oleh karenanya pendidikan bagi anak-anak haruslah berpusat pada Kristus.

Dengan berpusat pada Kristus, kita membawa pendidikan Kristen pada tujuan yang diamanatkan Tuhan kepada kita, yaitu melihat anak-anak memiliki relasi secara pribadi dengan Tuhan, melihat anak-anak menjadi murid-murid Yesus. Pendidikan haruslah menempatkan Kristus menjadi pusat atau inti dari semua hal yang kita lakukan untuk mengajar anak-anak kita.

Pelayanan pendidikan Kristen dalam karya penebusan Kristus adalah satu kesatuan, tanpa penebusan, tidak ada seorang pun dapat meletakkan dasar lain kecuali dasar yang telah diletakkan dalam diri Yesus Kristus. John Milton pada makalahnya “Of Education” menuliskan:

The end then of learning is to repair the ruins of our first parents by regaining to know God aright and out of that knowledge to love Him, to imitate Him, to be like Him….”

Dengan keutamaan pada Kristus, maka pengenalan anak pada Kristus adalah bagian dari Amanat Agung. Kristus harus menjadi pusat dari proses pendidikan. Melalui karya Yesus Kristus, gambar dan rupa Allah pada diri anak yang telah rusak karena keberdosaan manusia akan dipulihakan. Aspek lain dari Pendidikan Kristen adalah mengembangkan Christian mind, yaitu cara berpikir dan memandang segala sesuatu dari sudut pandang Kristen, oleh karenanya pembelajaran dalam kelas harus dapat memandang semua subjek pelajaran dalam sudut pandang Kristen. Hal ini dilakukan agar setiap anak memahami realitas ciptaan Tuhan dan memahami rencana hidupnya dalam kasih Tuhan. Beberapa hal yang harus dilakukan dalam pembelajaran di sekolah Kristen adalah pembinaan iman, mengajar anak dengan berpusat pada Kristus. Suatu hal yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kurikulum pendidikan Kristen.

 


by. Dr. Khoe Yao Tung, MSc.Ed, MEd.

 


Lanjut Prinsip-prinsip Pendidikan Kristen untuk Anak-6

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami