Planet Ini Bisa Dihuni Manusia Jika Bumi Hancur
Sumber: dailymail.co.uk

Nasional / 27 June 2014

Kalangan Sendiri

Planet Ini Bisa Dihuni Manusia Jika Bumi Hancur

Lois Official Writer
3784

Tim astronom menemukan planet yang diprediksi memiliki komposisi yang sama dengan bumi. Planet Gliese 832c mengorbit pada Gliese 832 setiap 36 hari sekali. Jaraknya yang sama dengan bumi sehingga berpotensi akan adanya kehidupan air di planet itu.

Adapun jarak Gliese 832c dari bumi adalah 16 tahun cahaya, jarak yang cukup dekat mengingat bintang yang terdekat dengan bumi Proxima Centauri memiliki jarak 4,2 tahun cahaya. Adapun Gliese 832c menerima energi bintang dengan komposisi yang sama dengan bumi meski mengorbit lebih dekat dengan induknya. Tata surya di planet tersebut memiliki lebar sekitar 100.000 tahun cahaya.

“Gliese 832c bisa menjadi salah satu dari tiga besar planet yang mirip dengan bumi. Planet ini juga memiliki jarak yang dekat dengan bumi, dibanding 3 planet lain yang sebelumnya ditemukan. Gliese 832c bisa menjadi objek utama untuk observasi,” ujar Abel Mendez Torres, Director of Planetary Habitability Laboratory dari University of Puerto Rico, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (27/6/2014).

Menurut Torres, planet ini mungkin memiliki temperatur yang sama dengan bumi meskipun perubahan musimnya lebih banyak. Namun begitu, harus dilakukan penelitian dan observasi lebih lanjut untuk mengetahui komposisi massal dan kondisi atmosfir yang belum terdeteksi. Jika ada perbedaan, maka hal ini bisa mengubah teori layak huni. Planet Gliese 832c yang ditemukan pada 2009 ini telah dimasukkan dalam daftar Planet Luar yang Layak Huni, bersama dengan 23 objek planet lain yang memiliki potensi sama.

 

Baca juga :

Kill Switch, Fitur Masa Depan Jika HP Dicuri

Setiap Langkah yang Berarti

How To Train Your Dragon 2, Damai Bersama Naga

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Pilih Mana? Kost, Rumah Bedeng, Atau Kontrak Aja?

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami