Allan Nairn Bongkar Rahasia Prabowo Demi Rakyat
Sumber: kcpw.org

Nasional / 27 June 2014

Kalangan Sendiri

Allan Nairn Bongkar Rahasia Prabowo Demi Rakyat

Lois Official Writer
4396

Wartawan investigasi asal Amerika Serikat, Allan Nairn, melanggar janjinya untuk tutup mulut dan mengungkapkan wawancara off the record yang dilakukannya pada Juni dan Juli 2001 yang lampau bersama Prabowo. Hal ini diungkapkannya demi kepentingan publik.

“Saya pikir kerugian yang saya hadapi ketika melanggar anonimitas yang saya janjikan ke Prabowo tidak sebanding dengan kerugian yang lebih besar bagi rakyat Indonesia,” ujarnya melalui sebuah tulisan blognya, Minggu (22/6/2014) lalu. Karena Prabowo merupakan salah satu capres yang akan dipilih pada 9 Juli mendatang, Nairn menganggap publik berhak tahu pemikiran Prabowo tentang negara, militer, dan pemimpin terdahulu.

Apa yang dikatakan Prabowo? Nairn mengungkapkan bahwa Prabowo mengecam demokrasi di Indonesia, menyebut mendiang Gus Dur sebagai presiden buta, dan membayangkan diri menjadi seorang diktator. Wawancara tatap muka ini dilakukan di kantor perusahaan milik Prabowo di Mega Kuningan, Jakarta.

Pada saat wawancara, Prabowo diharapkan mau membuka informasi soal kasus pembantaian di Dili pada 12 November 1991 (dikenal sebagai Insiden Santa Cruz) secara off the record, namun dia malah mengalihkan pembicaraan pada hal lain. “Prabowo berbicara tentang fasisme, demokrasi, kebijakan membunuh dalam tubuh TNI/ABRI, serta hubungan antara dirinya dengan Pentagon dan Intelijen Amerika,” ujar Nairn.

Sebelumnya, Nairn sempat menghubungi Prabowo dan meminta ijin mengungkap wawancara off the record tersebut, namun Prabowo tak kunjung memberikan balasan. Namun menurut Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, Prabowo tak pernah menerima surat permintaan mengungkap wawancara off the record dari Nairn tersebut. Fadli juga membantah Prabowo pernah melakukan wawancara dengan Allan Nairn.

 

Baca juga :

Kill Switch, Fitur Masa Depan Jika HP Dicuri

Setiap Langkah yang Berarti

How To Train Your Dragon 2, Damai Bersama Naga

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Pilih Mana? Kost, Rumah Bedeng, Atau Kontrak Aja?

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami