Prinsip-prinsip Pendidikan Kristen untuk Anak-3
Sumber: google

Pelayanan Anak / 26 June 2014

Kalangan Sendiri

Prinsip-prinsip Pendidikan Kristen untuk Anak-3

Hevi Teri Official Writer
2393

 

Orang tua memegang peran penting bagi pendidikan anak. Sejak dari bayi sampai memilihkan sekolah bagi anaknya, peran orang tua sebagai pendidik utama sudah dinyatakan. Pendidikan anak-anak adalah tanggung jawab orangtua bersama. Setiap orangtua Kristen harus sadar bahwa anak-anak adalah tugas orang tua yang diperintahkan Tuhan dalam mendidik anak. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya orangtua mendidik dan mengajar anak-anak mereka. Alkitab menyebutkan peran ayah secara spesifik ditugaskan dalam mendidik anak-anak mereka “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” (Ef. 6:4). Peran ayah dalam mendidik anak juga dinyatakan dalam Ibrani 12:9-10, ” dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati” Bahkan ada pepatah mengatakan “seorang ayah yang mengajar lebih dari seratus guru”, memberikan gambaran betapa pentingnya ayah (orang tua) yang mengajar.

Pendidikan anak-anak adalah tanggung jawab yang besar. Setiap orang tua Kristen harus bahwa anak-anak adalah pekerjaan rumah yang Tuhan berikan dalam pendidikan anak. Pendidikan anak tidak semata-mata mengajarkan nilai-nilai kehidupan, tetapi mengenal kebenaran Allah, hidup bersama dengan Allah. Mazmur 127:5 mengatakan “Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.” Pendidikan pada anak mengajarkan mereka jalan kehidupan, jalan yang menunjukkan juruselamat, menunjukkan kebenaran, mengenal hikmat, dan pengetahuan. Pendidikan anak harus berdasarkan pada Firman Tuhan yang merupakan sumber kebenaran mutlak.

Oswald Chambers (1874-1917) seorang guru dan penginjil dari gerakan Holiness Movement dari Inggris merespon kegundahanya dalam pendidikan anak. Menurut Chambers, manusia beriman harus mendidik anak dalam iman, sebab bila tidak, mereka akan kesulitan datang tidak ada untuk menolongnya, dia terisolasi dan kesepian.

Have I been able to reproduce my own kid spiritually? If so, in a time of difficulty I will be brought through magnificently victorious: but woe be to the spiritual man who has never produced his own kind, when the difficulties come there is none to assist, he is isolated and lonely

Oleh sekolah harus mampu menjembataninya dengan pendidikan Kristen dalam setiap aspek kehidupan anak, mempelajari setiap pelajaran dengan perspektif Kristen, penyelenggaraan parenting school bagi orang tua untuk menyelaraskan pendidikan dan pembinaan karakter yang sesuai firman Tuhan baik di rumah maupun di sekolah.

 


by. Dr. Khoe Yao Tung, MSc.Ed, MEd.

 


Lanjut Prinsip-prinsip Pendidikan Kristen untuk Anak-4

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami