Gerakan Mata Bukan Indikator Seseorang Bohong

Gerakan Mata Bukan Indikator Seseorang Bohong

Lois Official Writer
3261

Banyak orang yang mengira kebohongan mudah diketahui hanya dengan melihat gerakan mata. Namun, rupanya pernyataan ini tidak benar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gerakan mata seseorang dapat dimanipulasi oleh diri mereka sendiri sehingga ini bukan indikasi yang benar dalam menyatakan seseorang bohong ataupun tidak. Gerakan bola mata ke kiri dan ke atas sebagai tanda seseorang jujurpun tidak terbukti.

“Sebagian besar masyarakat percaya bahwa gerakan mata tertentu adalah tanda berbohong, dan ide ini bahkan diajarkan di kursus pelatihan organisasi,” ujar Psikolog dari Universitas Edinburgh, Caroline Watt PhD beberapa waktu lalu seperti dilansir psikologizone.com. Namun ternyata penelitian yang dia lakukan tidak menunjukkan hal tersebut.

Penelitian yang dia lakukan dibagi dalam tiga bagian. Studi pertama dilakukan dengan 32 partisipan yang mayoritasnya mahasiswa. Mereka diperintahkan untuk menyembunyikan ponsel di tempat tertentu. Masing-masing ditanyakan tempat lokasi ponsel itu diletakkan untuk mengetahui siapa yang berkata jujur dan tidak. Setiap peserta direkam gerakan bola matanya dan tatapan mereka saat ditanyakan tersebut.

Hasilnya, tidak ditemukan perbedaan signifikan antara gerakan bola mata mereka yang memberi jawaban dengan jujur ataupun yang tidak. Gerakan tersebut tidak bisa diketahui hanya dari hitungan gerakan bola mata.

Hal yang sama juga terbukti saat melalui penelitian yang kedua. Kali ini 50 orang dilatih untuk membaca gerakan bola mata. Mereka ditunjukkan video hasil penelitian pertama untuk menmbaca siapa yang berbohong. “Hasil penelitian ini menjelaskan alasan yang cukup bahwa gerakan bola mata adalah indikator yang buruk untuk deteksi kebohongan,” ujar Watt.

 

Baca juga :

Pacaran dengan Visi Misi yang Benar

Kill Switch, Fitur Masa Depan Jika HP Dicuri

Setiap Langkah yang Berarti

How To Train Your Dragon 2, Damai Bersama Naga

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Pilih Mana? Kost, Rumah Bedeng, Atau Kontrak Aja?

Sumber : psikologizone.com by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami