Jokowi Tegaskan Dukungan Kemerdekaan Palestina

Jokowi Tegaskan Dukungan Kemerdekaan Palestina

daniel.tanamal Official Writer
1270

Calon presiden Joko Widodo mengangkat isu kemerdekaan Palestina dalam acara debat kandidat ketiga yang dilakukan di Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014) malam. Jokowi menyatakan, ia dan pasangannya, Jusuf Kalla, berkomitmen penuh mendukung kemerdekaan Palestina dan mendukung negara itu masuk dalam keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

"Di sini saya dan JK punya komitmen untuk mendukung penuh Palestina jadi negara merdeka, dan berdaulat dan mendukung penuh Palestina jadi anggota penuh PBB," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan, ada empat priorotas dalam bidang politik luar negeri yang akan dilakukannya bersama JK jika nantinya memimpin Indonesia. Keempat prioritas itu menyangkut perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar negeri, perlindungan sumber daya maritim, produktivitas dan daya saing, serta keamanan regional kawasan dan menjaga ketertiban dunia.

Upaya untuk memerdekakan Palestina masuk dalam program Jokowi-JK dalam menjaga ketertiban dunia. Untuk mewujudkan empat prioritas itu, Jokowi menyatakan akan menerapkan tiga strategi melalui hubungan antara pemerintah, hubungan para pelaku bisnis dua negara, dan hubungan antarmasyarakat antarnegara.

Orasi Jokowi menyangkut Palestina ini kemudian mendapat sambutan dari puluhan pendukungnya yang hadir di dalam arena debat. Beberapa di antaranya ada yang berteriak "Palestina!" saat jeda.

Pada Minggu (22/6/2014) malam ini, Prabowo dan Jokowi akan kembali berhadapan beradu argumentasi seputar isu politik internasional dan ketahanan nasional. Debat ketiga kali ini dimoderatori oleh Hikmahanto Juwana.

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami