Paus Fransiskus: Belajar dari Sepak Bola
Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino

Internasional / 13 June 2014

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus: Belajar dari Sepak Bola

Theresia Karo Karo Official Writer
4701

Piala Dunia ternyata juga menjadi acara yang dinantikan Paus Fransiskus. Pemimpin umat Katolik ini, pada masa mudanya dulu, pernah menjadi pesepak bola amatir di Argentina. Pada momen Pembukaan Dunia dini hari tadi, Paus juga sempat menyapa umatnya lewat Twitter. Dirinya berharap agar semua orang menikmati Piala Dunia yang indah dan melihat semangat persahabatan sejati melalui sepak bola.

Selain Twitter, Paus juga membuat pesan video dalam bahasa Portugis yang menyampaikan harapan Paus. Dia berharap perhelatan Piala Dunia ke-20 ini menjadi ajang solidaritas antarmanusia.

Melalui video ini Paus menyampaikan bahwa sepak bola mengajarkan tiga hal yang bisa mendorong terciptanya perdamaian dan solidaritas. Tiga hal tersebut yakni, pertama perlunya latihan dan kerja keras untuk mencapai tujuan. Selanjutnya, pentingnya fair play dan yang terakhir kerja sama serta keharusan untuk menghormati lawan.

Menurut berita yang dilansir dari Kompas.com, Paus Fransiskus ini mengatakan, “untuk menang, seseorang harus mengatasi individualisme, egoisme, sebuah bentuk rasialisme, intoleransi, dan manipulasi manusia.”

Kerakusan dalam sepakbola dan kehidupan bermasyarakat menjadi penghalang dalam persatuan umat manusia sebagai keluarga yang unik. Terakhir, Paus menyerukan “jangan biarkan siapa pun meninggalkan masyarakat dan merasa terbuang. Katakan tidak terhadap pemisahan! Katakan tidak terhadap rasialisme!"

Pemimpin umat Katolik ini di kenal sebagai pribadi yang terbuka dan mudah melebur dengan berbagai kalangan. Selain itu dia sangat peduli dengan perdamaian di dunia, terlihat dari perjalanannya ke Israel dan Palestina dalam upaya mendamaikan kedua negara ini.

 

Baca Juga:

FIFA Pastikan "Ole-Ola" dengan Formasi Lengkap

Piala Dunia, Surat Izin Sakit Palsu Marak di China

Angelina Jolie Buka Konferensi Kekerasan Seksual Terbesar

Darlan Pangaribuan: Niat Membunuh Pendeta, Preman Bertobat

Sumber : JPNN/Kompas.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami