Bupati Wonosobo: Mosok Sembahyang Diatur, Ngapain!
Sumber: jawaban.com

Internasional / 6 June 2014

Kalangan Sendiri

Bupati Wonosobo: Mosok Sembahyang Diatur, Ngapain!

Budhi Marpaung Official Writer
5289

Bupati Wonosobo, Jawa Tengah, Abdul Kholiq Arif, mengkritisi pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) RI, yang seringkali mempersulit segala urusan keagamaan, terutama soal perizinan tempat ibadah. Menurut Kholiq, Kemenag seharusnya tidak perlu mengatur pembangunan gedung sembahyang para umat beragama.

“Mosok sembahyang diatur, ngapain! Kalau diatur proses regulasinya, itu baik. Tetapi urusan misalnya bangun masjid, tempat ibadah, pengajian, itu urusan masyarakat, bukan pemerintah,” tutur Kholiq di Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (3/6/2014).

Jika Kemenag tetap mengatur perizinan tempat ibadah, sambung Tokoh Kepala Daerah Pilihan Tempo tahun 2012 itu, maka lebih baik baik namanya diganti saja.  “diubah saja namanya menjadi Kementerian Haji dan Wakaf, kan di sana banyak hajinya, lumayan di sana yang belum naik haji bisa naik haji,” ungkapnya.

Sang bupati meyakini persoalan agama adalah persoalan individu masing-masing. Tidak semestinya pemerintah maupun pihak-pihak lain turut campur dengan apa yang diimani orang tersebut.

“kalau memang dia hobinya punya agama yahudi ya biarkan saja. Banyak dari kita yang punya agama dengan luar biasa taatnya, ternyata dia juga seperti tidak beragama,” tandas Kholiq.

Umat Kristen di Indonesia bertahun-tahun kerap berurusan dengan persoalan perizinan tempat ibadah dan kebebasan menjalankan ritual. Ada yang sudah terselesaikan, tetapi banyak juga yang sampai kini masih bermasalah.

Pemerintah pusat khususnya Kementerian Agama RI seharusnya menjadi pengayom bagi seluruh umat beragama yang di tanah air, dan bukannya turut mendukung/membiarkan tindakan intoleransi ataupun upaya kelompok-kelompok tertentu untuk menghalangi umat berbeda iman dengan mereka menjalani ibadah kepada Tuhan. Semoga ke depan, Indonesia menjadi negara yang pemerintahnya pro kepada kebebasan beragama dan rakyatnya bisa saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain.

 

Baca juga:  

Dua Pendeta Calonkan Diri Jadi Bupati dan Wakil Bupati Dairi

Menghadapi Kehilangan

Thread Forum JC: Beda Agama Kristen dan Katolik

Ragam Manfaat Mengajar Anak Berenang Sejak Usia Dini

Thread Forum JC: Beda Agama Kristen dan Katolik

Sumber : satuharapan.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami