Biografi Hatta Rajasa

Nasional / 30 May 2014

Kalangan Sendiri

Biografi Hatta Rajasa

Lois Official Writer
4951

Ir. M. Hatta Rajasa yang lahir di Palembang 18 Desember 1953 ini adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia 2009-2014. Sebelumnya dia menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), Menteri Perhubungan (2004-2007), dan Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001-2004). Hatta Rajasa terpilih sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2010-2015 menggantikan Soetrisno Bachir.

Hatta Rajasa bersekolah sampai SMA di Palembang. Kemudian dia melanjutkan pendidikan sebagai Insinyur Teknik Perminyakan angkatan 1973 di Institut Teknologi Bandung. Setelah itu dia bekerja sebagai teknisi lapangan PT. Bina Patra Jaya pada tahun 1977, menjadi Wakil Manajer Teknis PT. Meta Epsi, dan kemudian tahun 1982 menjadi Presiden Direktur sampai tahun 2000.

Di tahun 2000, dia mulai berpolitik dan menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional dan jabatan menteripun mulai dia pegang sejak saat itu. Saat itu, semua perusahaannya yang awalnya dia bangun bersama teman-temannya di bidang perminyakan pun dijual. Karena menurutnya, dia harus fokus pada 1 hal saja.

Begitu juga ketika bicara tentang partai dan tugas negara yang diembannya.“My loyality to the party end when loyality to the state began.” Ujar Hatta. Jadi menurutnya, loyalitasnya pada partai berakhir saat dia melakukan tugas di dalam negara.

Hatta juga pernah berujar bahwa kekuasaan hanyalah sebuah sarana, bukan tujuan utama. “Tujuan utama kita adalah wewujudkan Indonesia yang demokratis, berkeadilan, terbuka, dalam masyarakat majemuk yang saling menghormati,” ujar politisi yang mempunyai 4 anak.

 

Baca juga :

Tips Pintar Cari Modal Awal Untuk Usaha

Berbagai Tantangan yang Bikin Hubungan Tambah Lengket

5 Kebutuhan Manusia yang Harus Dipenuhi

Saya Mengerti Bagaimana Caranya

Twitter Akan Ungkap Semua Tweet Pada Ilmuwan

Sumber : pan.or.id-wikipedia.org by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami