Biografi Prabowo Subianto
Sumber: antara

Nasional / 30 May 2014

Kalangan Sendiri

Biografi Prabowo Subianto

Lois Official Writer
6148

Sebelum memilih salah satu dari dua calon pasangan, ada baiknya jika kita melihat latar belakang masing-masing personel. Kali ini, kita akan melihat biografi Prabowo Subianto yang mencalonkan diri sebagai calon presiden untuk masa jabatan 2014-2019.

Prabowo yang lahir 17 Oktober 1951 ini merupakan seorang pebisnis, politikus, mantan Letnan Jenderal di TNI, dan mantan suami SIti Hediati ‘Titiek’ Soeharto, anak Soekarno, presiden pertama RI. Pada tahun 2009, dia bersanding sebagai cawapres Megawati namun keduanya kalah dari SBY. November 2011, Prabowo mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai wapres 2014.

Kakek Prabowo merupakan pendiri Bank Negara Indonesia (BNI) dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ayahnya merupakan mantan menteri ekonomi dan mantan menteri riset dan teknologi. Nama Prabowo diambil dari adik ayahnya yang meninggal saat membela Yogya menentang Belanda.

Prabowo masuk militer di Magelang tahun 1970. Dia lulus tahun 1974 dan bergabung dengan Kopassus tahun 1976. Prabowo memimpin misi untuk menangkap wakil presiden Freitlin, perdana menteri pertama di Timor Timur, Nicolau dos Reis Lobato. Tahun 1985 dia pergi ke Fort Benning untuk melakukan pelatihan komando.

Tahun 1996, Prabowo memimpin Operasi Mependuma di Papua dengan misi menyelamatkan 11 peneliti ilmiah yang diculik oleh Gerakan Papua Merdeka. Dua pria Indonesia dibunuh saat operasi penyelamatan diketahui. Penyelamatan tersebut menggunakan sebuah helicopter putih dengan merk Red Cross untuk menipu mereka. Pada 20 Maret 1998, Prabowo ditunjuk menjadi pemimpin dari 27.000 tentara Kostrad. Kurang dari tiga bulan, perpecahan terjadi yang dikenal dengan Tragedi Mei 1998.

Di bidang bisnis, Prabowo membeli Kiani Kertas, di Mangkajang, Kalimantan Timur. Lalu Prabowo mengubah namanya menjadi Kertas Nusantara. Menurut Wikipedia, sekarang ini Group Nusantara milik Prabowo mengontrol 27 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang termasuk bahan bakar, minyak goreng, dan bidang industri ikan.

 

Baca juga :

Tips Pintar Cari Modal Awal Untuk Usaha

Berbagai Tantangan yang Bikin Hubungan Tambah Lengket

5 Kebutuhan Manusia yang Harus Dipenuhi

Saya Mengerti Bagaimana Caranya

Twitter Akan Ungkap Semua Tweet Pada Ilmuwan

Sumber : wikipedia.org by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami