Paus Fransiskus: Hidup Selibat Tidak Mengikat
Sumber: metrotvnews.com

Spirituality / 29 May 2014

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus: Hidup Selibat Tidak Mengikat

daniel.tanamal Official Writer
4183

Perdebatan mengenai hidup selibat bagi para imam Katolik terus bergulir. Bahkan Paus Fransiskus sampai harus ikut merespon. Paus pun menyampaikan pernyataannya yang kemungkinan akan membuat perdebatan ini akan terus bergelombang.

Menurut Paus asal Argentina ini aturan hidup selibat bukanlah dogma yang tak bisa diubah dan karenanya pintu perubahan selalu terbuka. "Selibat bukanlah dogma," kata Paus Fransiskus, Senin (26/5/2014), saat menjawab pertanyaan tentang adakah kemungkinan gereja Katolik mengizinkan para imam menikah sebagaimana yang terjadi di gereja Kristen yang lainnya.

"(Aturan selibat) ini adalah aturan hidup yang saya sangat hargai dan saya pikir itu adalah hadiah bagi gereja. Namun, karena (aturan selibat) ini bukan dogma, pintu (untuk mengizinkan pernikahan imam) selalu terbuka," tambahnya.

Seperti diketahui, dalam ajaran Katolik, gereja mengajarkan bahwa seorang imam harus mendedikasikan diri secara total untuk panggilannya, mengambil gereja sebagai "istri", untuk memenuhi misi mereka. Namun, karena selibat adalah tradisi yang baru dimulai sekitar 1.000 tahun silam, bukan bagian dari dogma, maka aturan ini bukan tak mungkin berubah.
 

 

 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami