Prabowo Punya Kewarganegaraan Yordania?

Prabowo Punya Kewarganegaraan Yordania?

Lois Official Writer
3212

Prabowo Subianto yang menjadi calon presiden dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) disebutkan pernah mendapatkan status kewarganegaraan Yordania pada 1998. Dia mendapatkan status kewarganegaraan tersebut langsung dari Raja Yordania Hussein melalui dekrit raja. Namun, putra Prof Soemitro Djojohadikusumo itu menyatakan dia memang ditawari status itu, namun dia tidak bisa menerimanya.

Sebuah sumber menjelaskan proses kewarganegaraan Yordania untuk Prabowo ini sudah bergulir sejak Maret 1998, dua bulan menjelang lengsernya Soeharto. Keluarga Djojohadikusumo turut merespon kabar tersebut. “Sebagai anugerah atas jasa-jasa (Prabowo) dalam memajukan dunia Islam pada umumnya,” ujar sang adik, Hashim Djojohadikusumo akhir Desember 1998.

Biasanya, negeri-negeri Arab tidak akan mengeluarkan kewarganegaraan jika tidak diminta. Diduga, pihak Prabowo yang aktif bergerak. Selain itu, diduga juga anak Raja Hussein, Pangeran Abdullah, sangat membantu dalam hal ini. Diduga pula pangeran yang menjabat sebagai Menteri Panglima Angkatan Bersenjata ini ingin Prabowo jadi penasehat militer di negerinya.

Abdullah sempat mengundang Prabowo untuk melihat latihan militer di Yordania. Abdullah juga dibawa Prabowo ke Batujajar, Bandung, pusat latihan Kopassus tersebut. Abdullah kabarnya hafal semua jenis senjata, mulai dari tank, bazooka, semua jenis mortar, dan peluru.

Permasalahan kewarganegaraan Prabowo ini menjadi bermasalah menjelang pemilihan presiden. Pasalnya, UU no. 42 Tahun 2008 menyatakan bahwa calon presiden harus memiliki satu kewarganegaraan yaitu Indonesia. Menyangkut hal ini, ketua umum Gerindra mengaku tidak tahu ihwal informasi ini.

 

Baca juga :

Berbagai Wisata Rohani di Indonesia dengan Budget Pas-Pasan

Untung Rugi Menikah Usia Muda Dari Sisi Wanita

Cara Tetap Percaya Diri Meski Punya Kekurangan

Godzilla, Proyek Monster Raksasa yang Dirahasiakan

5 Tahun Gendong Cucu Sejauh 2KM Agar Bisa Ke Sekolah

3 Printer dengan Mobilitas Tinggi

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami