Survei LSI Membuat Golput Meningkat?

Survei LSI Membuat Golput Meningkat?

Theresia Karo Karo Official Writer
1588

Dua calon presiden saat ini harus mulai mengatur strategi untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat. Pasalnya LSI (Lingkaran Survei Indonesia) melakukan penelitian terhadap isu negatif yang menimpa masing-masing capres ini. Survei ini dilakukan pada 33 provinsi dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden mencapai 2400, dan dipilih secara acak. Wawancara dilakukan secara tatap muka pada tanggal 1-3 Mei 2014 yang lalu.

Jumlahnya seri, karena setiap capres memiliki empat isu negatif yang membayangi mereka. Berikut empat isu negatif dari kubu Prabowo, yakni terkait dengan penculikan aktifis HAM pada tahun 1998, keluarga yang tidak harmonis, suka mengunakan kekerasan, dan gagal dalam berbisnis sehingga utang menumpuk.

Selanjutnya dari kubu Jokowi yakni terkait dengan pengadaan bus Tansjakarta, membela kelompok minoritas sehingga mengabaikan kepentingan mayoritas, presiden boneka yang dikendalikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati. Terakhir adalah tidak dapat dipercaya karena meninggalkan tanggung jawab sebagai Gubernur Jakarta.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti LSI Ardian Sopa. Menurut Ardian, Jokowi dan Prabowo hingga saat ini belum menciptakan opini positif sehingga masyarakat akhirnya tidak mengetahui secara utuh pokok permasalahan dari isu negatif itu. Menurut berita yang dirilis dari Wartabuana Ardian mengatakan, "harusnya mereka menjelaskannya secara tuntas kepada masyarakat. Survei kali ini menunjukkan bahwa kampanye negatif jika dipercaya pemilih maka berefek cukup besar terhadap elektabilitas para capres.

Masyarakat ada baiknya jeli dalam menyaring informasi atau lebih mencari tahu kebenarannya. Dalam menyikapi isu-isu negatif yang menghinggapi dua capres ini, dikembalikan lagi ke individu masing-masing. Setiap individu punya hak untuk memilih pemimpin yang terbaik atau bahkan mungkin juga tidak menggunakan hak pilihnya (golput). Setiap pilihan akan ada konsekuensinya, yang penting jangan menyesal dalam 5 tahun ke depan dengan keputusan yang dibuat.

 

 

Baca juga: 

Fakta Menarik Seputar Indonesia VS Thailand di SEA Games

Ketika Anak Memutuskan Ingin Menikah Muda 

Dokumentasi Kopdar Forum JC 3 Mei 2014

Melampaui Penghakiman

Sumber : Berbagai sumber by Theresia Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami