Jusuf Kalla Jadi Cawapres Jokowi

Nasional / 19 May 2014

Jusuf Kalla Jadi Cawapres Jokowi

daniel.tanamal Official Writer
2689

Politisi senior Partai Golkar Jusuf Kalla telah ditunjuk menjadi bakal calon wakil presiden bagi bakal calon presiden Joko Widodo alias Jokowi dari PDIP. Keputusan itu dinyatakan oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh saat menyambangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Menurut Paloh penetapan tersebut berdasarkan pengkajian mendalam dengan berbagai pertimbangan. "Keputusan JK (cawapres bagi Jokowi) ditetapkan semalam, bulat, tanpa tarik menarik," katanya.

Mantan politisi senior Golkar itu menyebut bahwa JK mempunyai pengalaman di pemerintah pusat dianggap mampu membantu Jokowi membangun pemerintahan yang baik jika terpilih nanti. Paloh juga menyebut bahwa pasangan Jokowi-JK merupakan kombinasi antara tokoh junior dan senior.

Senada dengan Paloh,  Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar juga membenarkan politisi senior Golkar Jusuf Kalla telah dipilih menjadi cawapres Jokowi. "Pak JK dipilih karena elektabilitasnya tertinggi, dia orang NU, Pengalaman juga. Yang penting pasangannya saling mengisi, menopang, menutup kekurangan sehingga bisa ada optimalisasi di pemerintahan," ujarnya.

Sementara itu deklarasi pencapresan Jokowi bersama dengan cawapresnya dijadwalkan akan dilangsungkan hari ini di Gedung Joeang 45 Menteng Jakarta Pusat. Dua nama lainnya yang menguat menjadi cawapres Jokowi adalah Mahfud MD dan Ketua KPK Abraham Samad.

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami