Mengenal 7 Jenis Kecap untuk Memasak

Entertainment / 17 May 2014

Kalangan Sendiri

Mengenal 7 Jenis Kecap untuk Memasak

Yenny Kartika Official Writer
69611

Penggunaan kecap sebagai penambah rasa sangat lazim digunakan dalam masakan-masakan Asia. Beberapa tetes kecap yang dituang dalam hidangan kita mampu membuat perbedaan yang kentara. Ada baiknya jika kita mengenali ragam kecap yang biasanya dipakai dalam memasak.

 

#1 Kecap manis

Kecap manis tercipta dari hasil fermentasi biji kedelai atau kedelai hitam dicampur aneka rempah lainnya. Tekstur kecap ini kental, berwarna hitam, dan rasanya manis.

 

#2 Kecap asin

Sama seperti halnya kecap manis, kecap asin juga dibuat dari kedelai namun dicampur dengan garam yang lebih banyak. Kecap asin juga bisa dibuat dari ikan laut. Warna kecap asin lebih terang (transparan) dibandingkan kecap manis dan teksturnya pun lebih encer. Umumnya, kecap asin tidak terlalu banyak ditambahkan ke dalam masakan karena rasa asin sudah didapat dari garam.

 

#3 Kecap inggris

Kecap inggris disebut juga Worcestershire sauce. Masakan yang ditambahkan kecap ini akan beraroma wangi dengan sensasi rasa sedikit asin. Kecap inggris cocok dipakai untuk daging atau ikan bakar. Teksturnya encer dan berwarna gelap. Kekayaan rasa kecap inggris dihasilkan dari perpaduan komposisi cuka, molase, gula jagung, cabai, kecap asin, lada, air, asam jawa, bawang bombay, bawang merah, bawang bombay, cengkeh, dan anchovy.

 

#4 Kecap ikan

Kecap ikan dihasilkan dari fermentasi ikan atau cumi-cumi atau kerang atau udang serta garam. Di beberapa negara, nama kecap ikan berbeda-beda. Misalnya, di Indonesia disebut petis dari udang, sementara di Vietnam disebut sebagai nuoc mam. Sementara di Thailand dinamakan nam pla. Kecap ini tentunya beraroma ikan dan memiliki rasa asin. Penambahan kecap ikan membuat aroma masakan semakin harum.

 

#5 Kecap jepang

Kecap yang satu ini disebut juga shoyu. Terdapat dua jenis kecap jepang, yakni koikuchi yang berwarna pekat dan aroma kuat, serta usukuchi yang berwarna lebih cerah dan aroma lebih ringan. Rasanya manis karena dihasilkan dari fermentasi gandum. Masakan yang umumnya menggunakan kecap jepang tentunya berasal dari Negeri Sakura, seperti teppanyaki dan sukiyaki. Rasa kecap jepang agak mirip dengan kecap asin.

 

#6 Saus tiram

Saus tiram atau oyster sauce terbuat dari fermentasi ikan ditambah karamel dan rempah-rempah. Pun demikian, kaum vegetarian tetap bisa menikmati saus tiram karena ada pula yang terbuat dari jamur. Aroma dan teksturnya sedikit lebih kental dari kecap manis. Makanan yang ditumis dan dikukus amat cocok menggunakan saus jenis ini.

 

#7 Saus teriyaki

Teriyaki adalah istilah untuk proses memasak ala Jepang: membakar atau memanggang. Sebelum bahan-bahan dimasak dalam cara ini, terlebih dahulu direndam dalam saus teriyaki. Saus teriyaki terbuat dari sake, kecap jepang, dan gula.

 

BACA JUGA:

Pelecehan Seksual Menggiringku Jadi Waria

Cara Instan Jadi Selebritis

Anak-anak Harus Tahu Bagaimana Hadapi Pelecehan Seksual

Hadiah Kejutan dari Tuhan

Sumber : Berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami