Tetap Percaya Diri Meski Punya Kekurangan

Tetap Percaya Diri Meski Punya Kekurangan

Lois Official Writer
8629

Semua orang pernah atau masih punya masalah dengan percaya diri. Ada yang merasa telah kehilangan kepercayaan diri hampir di seluruh kehidupannya dan di semua sisi kehidupan, ada pula yang belum merasa percaya diri dengan apa yang sudah dilakukannya, meski ada yang bisa percaya diri meski bentuk tubuh kurang sempurna / punya kekurangan.

Pengertian Percaya Diri

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005 hal 87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

Macam-Macam Percaya Diri

  1. Self-concept : bagaiman Anda menyimpulkan diri anda secara keseluruhan, bagaimana Anda melihat potret diri Anda secara keseluruhan, bagaimana Anda mengkonsepsikan diri anda secara keseluruhan.
  2. Self-esteem : sejauh mana Anda punya perasaan positif terhadap diri Anda, sejauhmana Anda punya sesuatu yang Anda rasakan bernilai atau berharga dari diri Anda, sejauh mana Anda meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri Anda.
  3. Self efficacy : sejauh mana Anda punya keyakinan atas kapasitas yang Anda miliki untuk bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to succeed). Ini yang disebut dengan general self-efficacy. Atau juga, sejauhmana Anda meyakini kapasitas anda di bidang anda dalam menangani urusan tertentu. Ini yang disebut dengan specific self-efficacy.
  4. Self-confidence: sejauhmana Anda punya keyakinan terhadap penilaian Anda atas kemampuan Anda dan sejauh mana Anda bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil. Self confidence itu adalah kombinasi dari self esteem dan self-efficacy (James Neill, 2005)

Akibat Kurang Percaya Diri

a. Tidak memiliki sesuatu (keinginan, tujuan, target) yang diperjuangkan secara sungguh sungguh.
b. Tidak memiliki keputusan melangkah yang decissive (ngambang)
c. Mudah frustasi atau give-up ketika menghadapi masalah atau kesulitan
d. Kurang termotivasi untuk maju, malas-malasan atau setengah-setengah
e. Sering gagal dalam menyempurnakan tugas-tugas atau tanggung jawab (tidak optimal)
f. Canggung dalam menghadapi orang
g. Tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan yang meyakinkan
h. Sering memiliki harapan yang tidak realistis
i. Terlalu perfeksionis
j. Terlalu sensitif (perasa)

Cara Mengatasi Rasa Tak Percaya Diri
Kenali Rasa Tak Nyaman Itu. Apa yang menjadi faktor penyebabnya, jerawat di muka, tak nyaman dengan pergaulan bersama teman-teman, cara kerja yang Anda anut, ketidakpuasan akan hidup, kekurangan yang Anda miliki, malu dan rendah diri karena latar belakang, apa saja.

Tuliskan pikiran Anda pada sehelai kertas. Percayalah hal ini sedikit banyak dapat membuat Anda sedikit lega. Jika dirasa kurang, berbicaralah pada orang-orang yang benar-benar Anda percayai. Membagikan pikiran akan meringankan Anda menanggung beban tersebut.

Kenali Kelebihan Anda. Tuhan telah memberkati kita dengan talenta. Entah itu hanya punya satu, tiga, lima, bahkan sepuluh sekalipun. Kenali apa yang menjadi kelebihan Anda, dimana Anda suka dan ahli mengerjakannya dan fokuslah untuk mengembangkannya. Jangan biarkan diri Anda jadi korban rendah diri tapi fokuslah pada kelebihan Anda.

Bersyukurlah Atas Apa yang Anda Miliki. Jika selalu melihat pada apa yang tidak kita punya, kita tidak akan merasa pernah puas. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki, kita dapat melawan perasaan tidak percaya diri dan tidak utuh sebagai seorang manusia. Menemukan kedamaian diri akan membangkitkan kepercayaan diri Anda.

Selalu Berpikiran Positif. Hindari mengasihani diri sendiri, hindari juga mendapatkan rasa kasihan dan simpati dari orang lain. Simpati ada saatnya, tapi jangan sampai membuat Anda selalu dikasihani. Jika terus menerus benci dan merendahkan diri sendiri, orang lain pun akan memperlakukan Anda seperti itu. Jadi, bicaralah positif tentang diri Anda, tentang masa depan Anda, tentang apa saja. Jangan takut untuk menunjukkan semangat, kekuatan Anda kepada orang lain.

Berpakaian Rapi. Walaupun pakaian tidak membuat orang lebih berkualitas, namun dapat mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri kita sendiri. Ketika kita tidak terlihat bagus, maka perasaan kita juga tidak bagus. Daripada membeli banyak pakaian murah, lebih baik membeli beberapa baju dengan kualitas tinggi. Selain lebih kuat kualitasnya, baju tersebut juga punya bahan yang lebih baik dan enak dipakai serta sedap dipandang.

Berjalan Cepat. Orang dengan rasa percaya diri akan berjalan lebih cepat, mereka memiliki tempat yang dituju, orang yang harus ditemui, dan pekerjaan penting yang harus dilakukan. Anda dapat meningkatkan kecepatan berjalan Anda 25% lebih cepat dari sebelumnya. Cobalah dan hal ini akan membuat Anda terlihat dan merasa lebih penting.

Berikan Pujian Kepada Orang Lain. Tidak hanya terhadap diri sendiri, seringkali kita juga menghina orang lain secara tak sadar. Karena itu, selain memberikan penghargaan pada diri sendiri, berikan juga pujian bagi orang lain. Dalam prosesnya, Anda dapat disukai dan hal itu membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Duduk di Bangku Paling Depan. Ambil tindakan itu sekarang, jangan takut untuk berubah. Mulailah mengambil tempat yang paling depan, jangan takut untuk diperhatikan. Hal ini membuat keberanian Anda bangkit dan rasa takut yang tak beralasan pun pergi sehingga rasa percaya diri Anda meningkat.

Berbicaralah dan Tersenyumlah. Orang takut berbicara atau bertanya pada grup diskusi atau acara umum karena takut dinilai berbicara sesuatu yang konyol, hal itu dibuktikan dari penelitian. Namun, orang kebanyakan lebih menerima daripada yang kita bayangkan. Dengan berusaha berbicara setidaknya sekali dalam diskusi umum, lama kelamaan kita akan berlatih sehingga jadi pembicara yang bagus, lebih percaya diri tentang pikiran kita, dan makin mantap dalam mengemukakan pendapat. Jangan lupa untuk tersenyum. Penerimaan yang baik dari orang lain akan meningkatkan rasa percaya diri itu.

Berolahraga. Kegiatan yang satu ini tidak boleh ditinggalkan dan dilupakan. Jika tubuh dalam kondisi fit, maka energy positif pun keluar, hal itu akan membuat Anda terlihat menarik.

Sedikit disipilin dalam hidup dapat membantu banyak pencapaian agar rasa percaya diri Anda semakin tinggi. Karena itu, lakukanlah hal-hal di atas dengan rutin dan penuh tanggung jawab untuk kepentingan diri sendiri, maka Anda akan rasakan bedanya.

 

Baca juga :

Buat Kamu Yang Merasa Jelek dan Tak Percaya Diri, Iniloh Kata Tuhan Tentang Kamu!

Semua Karena Ibu Angkat

Berbagai Jenis Pelecehan di Tempat Kerja

Anak Kecil Korban Pelecehan Seksual Bisa Memakai Terapi Ini

Marmut Merah Jambu, Kisah Cinta Pertama Dika di SMA

Percantik Rumah dengan Modal Minimalis

Sumber : belajarpsikologi.com-dnaberita.com by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami