Menikah Muda Apa Tunggu Mapan?
Sumber: photo.elsoar.com

Single / 14 May 2014

Kalangan Sendiri

Menikah Muda Apa Tunggu Mapan?

Theresia Karo Karo Official Writer
4816

Setiap orang memiliki standard yang berbeda saat menentukan batas usia untuk menikah. Berdasarkan data yang didapat dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menikah muda menjadi tren bagi kalangan remaja perkotaan yang berusia 15-19 tahun di Indonesia. Rasio pernikahan dini di perkotaan meningkat setiap tahunnya dan berbanding terbalik dengan rasio pernikahan dini di pedesaan yang semakin menurun.

Menurut BKKBN, akan lebih baik bila seorang wanita menikah mulai usia 20 tahun dan bagi lelaki mulai usia 25 tahun. Sedangkan dalam Undang-Undang Perkawinan tahun 1974 juga mengatur batas usia individu dalam pernikahan, bagi wanita mulai dari usia 16 tahun dan bagi lelaki 18 tahun.

Informasi yang berkembang mengenai meningkatnya pernikahan dini di Indonesia, tidak terkecuali berasal dari figur publik sendiri. Banyak kalangan artis yang memilih untuk mengakhiri masa lajangnya mulai usia 20 tahun. Sebenarnya usia bukanlah patokan dalam menentukan kelanggenan dalam pernikahan. Tetapi lebih bergantung pada dua individu yang terlibat dalam pernikahan itu sendiri. Tanggung jawab dan kemapanan seseorang diperlukan saat menjalin hubungan. Juga tidak ketinggalan, komitmen jangka panjang untuk menjaga ikatan sakral tersebut.

Kemapanan bukan hanya masalah materi, tetapi juga kematangan emosi individu. Konflik akan selalu ada dalam setiap aspek kehidupan tidak terkecuali dalam membina rumah tangga. Harapannya setiap pasangan dapat lebih mengenal dan belajar menekan ego masing-masing untuk kepentingan bersama agar tidak berujung pada perpisahan. Sebab Tuhan sendiri tidak menghendaki adanya perpisahan atau perceraian dalam pernikahan.

Setiap keputusan biasanya menuai pro dan kontra, tetapi akan lebih baik bila anda tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Kalau masih ragu lebih baik jangan dilanjutkan. Pertimbangkan saran dari orang terdekat atau dari ahli yang dapat memberikan solusi bagi anda.

 

 

Baca juga :

Ciri Wanita yang Terlalu Manja dan Terlalu Mandiri

Mengenal Pancaroba yang Terjadi Dalam Diri Manusia

Ada Jokowi dan Prabowo di Game-Game Ini

Jasa Laundry dan Kelebihannya

The Other Woman, Wanita Korban Selingkuh yang Bersatu

Sumber : Wolipop/Tribunnews.com by Theresia Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami