Manfaat Membacakan Cerita Untuk Anak-Anak
Sumber: google

Parenting / 10 May 2014

Kalangan Sendiri

Manfaat Membacakan Cerita Untuk Anak-Anak

Puji Astuti Official Writer
3870

Albert Einstein mengatakan ‘Imagination is more important than knowledge’. Kurang lebih maksudnya adalah imajinasi lebih penting daripada pengetahuan karena imajinasi sangat luas, tidak terbatas dan cerita anak-anak adalah salah satu contohnya. Ternyata hampir semua ahli Parrenting menyarankan membacakan cerita untuk anak-anak sebagai salah satu sarana pengasuhan yang dapat membantu perkembangan psikologis anak. Berikut beberapa manfaat yang dapat dipetik oleh para orang tua :

1. Membantu anak untuk berimajinasi

Imajinasi sangat penting bagi perkembangan daya pikir anak. Imajinasi akan membantu anak untuk berpikir kreatif dalam menghadapi dan merencanakan penyelesaian masalah yang ia hadapi. Imajinasi juga akan membuat anak terampil berkomunikasi dengan orang lain. Pada saat mendengarkan cerita, pikiran anak akan terangsang untuk memvisualisasikan apa yang ia dengar. Kosa kata yang ia dengar akan memperkaya “tabungan” kata yang ia miliki sehingga kata-kata inilah yang nantinya akan membantu anak-anak untuk mudah mengekspresikan perasaan atau apa pun yang ia pikirkan. Hasilnya, ia akan lebih terampil berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

2. Sarana untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan.

Melalui karakter yang ada pada cerita anak-anak, putra-putri Anda dapat belajar nilai-nilai kejujuran, rendah hati, rasa empati, juga sikap tolong-menolong. Pesan-pesan moral dan pelajaran etika yang hendak Anda beri, dinilai tidak akan terlalu membebani perasaan anak. Untuk itu, sebagai orang tua harus pandai memilih isi dari cerita anak-anak yang hendak Anda berikan.

3. Merangsang minat baca anak.

Setelah mendengar satu cerita, seringkali anak kemudian tertarik untuk mendengar cerita yang lain. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan buku sebagai salah satu “teman” yang mengasyikkan. Sering mengajak anak ke toko dan membiarkan ia memilih bukunya sendiri, akan semakin membantu menumbuhkan minat baca pada anak.

4. Menjalin kedekatan orang tua dan anak

Agenda membacakan cerita yang biasanya dilakukan sebelum tidur dapat menjadi sarana berkumpul anak dan orang tua setelah seharian disibukkan oleh aktivitas masing-masing. Pengalaman membaca bersama-sama akan menjadi tanda bagi anak bahwa mereka disayangi dan diperhatikan oleh orang tua mereka.

Melihat manfaat membacakan cerita kepada anak-anak  yang sangat banyak, bisa jadi kemudian timbul pertanyaan dalam diri kita, sebaiknya topik cerita apa yang bagus untuk anak-anak. Anda dapat mulai mengenalkan kisah-kisah yang ada dalam Alkitab. Bagaimana Daud yang kecil dapat menaklukkan Goliat yang berbadan besar atau kisah tentang ketidak taatan Adam dan Hawa yang membawa kehancuran.

Anda juga dapat menunjukkan kepada anak-anak kisah-kisah inspiratif dalam Alkitab yang dibumbui dengan kecanggihan teknologi masa kini dalam film animasi anak Superbook.  Melalui film animasi ini anak-anak juga diajarkan tentang Firman Tuhan dan aplikasinya dalam kehidupan mereka sehari hari. Jika Anda juga terbeban pada anak-anak di luar sana agar dapat mengenal Tuhan melalui tayangan Superbook di televisi, Anda dapat bergabung bersama kami dengan menjadi Mitra CBN. Keputusan Anda menjadi Mitra CBN adalah bentuk kepedulian terhadap pembangunan karakter bangsa ini. Informasi lebih lanjut tentang Mitra CBN silahkan KLIK DISINI.

Sumber : Theasianparent.com | Mitra CBN
Halaman :
1

Ikuti Kami