Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak
Sumber: google

Pelayanan Anak / 9 May 2014

Kalangan Sendiri

Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak

Hevi Teri Official Writer
1041

 

(2) Kelemahan Karakter atau Kecenderungan spesifik.

Setiap anak mempunyai kecenderungan spesifik atau kecenderungan ke arah perilaku penuh dosa dari keluarganya melalui keturunan ( genetically) dan dari faktor lingkungan ( kondisi-kondisi di rumah dan masyarakat). Dan tiap-tiap anak berespon dengan cara yang berbeda terhadap lingkungan mereka. Yang pasti, seringkali sukar untuk mengetahui di mana akhir factor keturunan dan awal factor lingkungan, tetapi satu hal sudah pasti, atmospir di mana seorang anak dibesarkan sangat mempengaruhi kecenderungan hereditas itu.

Walau masing-masing anak mempunyai kecenderungan berdosa, masing-masing anak sangat berbeda dalam menyatakan hal itu. Ini memerlukan pengetahuan dan pengamatan saksama dari tiap anak. Satu anak mungkin mempertunjukkan kecenderungan rendah diri atau perasaan tidak mampu, sedang anak lain dalam keluarga yang sama dapat percaya diri dan berpikir ia dapat melakukan apapun dan lebih baik daripada orang lain. Keduanya memerlukan kasih karunia yang sama, tetapi dalam arah yang berbeda. Seseorang harus mempunyai kepercayaan dalam Tuhan, apa bisa Dia lakukan melalui dan dengan mereka. Kebutuhan lain adalah suatu pemahaman tentang anugrah Tuhan yang akan membantu ke arah kerendahan hati dan pada waktu yang sama memberi harapan yang berpusat pada Tuhan.

Abraham dan keturunannya menyediakan kita ilustrasi yang baik bagaimana lingkungan, barangkali dikombinasikan dengan jenis tempramen, dapat mendorong atau merintangi godaan dosa. Dalam rangka melindungi dirinya, Abraham cenderung untuk berdusta. Lebih dari satu kali ia berbohong tentang isterinya Sarah.

Dia adalah perempuan yang sangat indah dan takut raja daerah itu akan membunuh dia dalam rangka mengambil Sarah, ia mengklaim dia adalah saudarinya. Saya merasa pasti ia membenarkan ini dalam pikirannya sebab dia adalah saudari tirinya( cf. Kejadian. 12 dan 20). Dengan jelas ciri karakter ini terbawa keputranya, karena dalam Kejadian 26 kita temukan Isaac melakukan dengan tepat hal yang sama untuk melindungi dirinya dari Abimelech

 

>>>>

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami