Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak
Sumber: google

Pelayanan Anak / 8 May 2014

Kalangan Sendiri

Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak

Hevi Teri Official Writer
1113

 

Dua Sisi Koin

Untuk mengajar seorang anak menurut jalannya orang tua harus mengetahui dan percaya bahwa tiap-tiap anak dilahirkan dengan dua kecenderungan, kecenderungan kearah kejahatan ( kecenderungan suka menentang) dan kecenderungan kearah baik ( yang dapat digunakan untuk kemuliaan Tuhan dan berkat bagi yang lain).


    Kecenderungan Kearah Kejahatan

(1) Kecenderungan umum atau warisan dosa.

Dari orangtua awal, Adam, semua anak-anak menerima nature berdosa. Untuk mengajar anak-anak berarti orangtua tidak akan dikejutkan tetapi sadar akan kecenderungan pemberontakan ini dan keinginan diri sendiri yang merugikan orang lain.

Mengerti ini bisa membantu orang tua menjadi lebih sabar dan lebih sedikit frustrasi ketika malaikat kecil mereka menunjukkan kecenderungan suka menentang atau menyimpan mengejar keinginan diri sendiri. Kita mengetahui kalau manusia kecil ini juga mengalami pertempuran dengan nature berdosa mereka seperti halnya kita. Betapapun, mereka mirip orangtuanya! Pengetahuan dan Pemahaman tentang hal ini akan membantu kesabaran dan pengertian kita, tetapi mereka tidak boleh dibiarkan dan mengabaikan sikap atau perilaku tidak baik.

Pemahaman tentang kecenderungan ini menolong orangtua menyadari bahwa hanya dengan menceritakan kepada anak apa yang diharapkan tidaklah menyelesaikan masalah. Anak mungkin ingin melakukan apa yang benar, tapi karena nature berdosa, kelemahan, ketidak-tahuan rohani, dan pergumulan dalam dirinya, ia memerlukan bantuan yang khusus, pelatihan, dan disiplin yang disediakan oleh orangtua.

Karena prinsip keberdosaan ini tidak bisa dibasmi atau sungguh-sungguh diubah dan akan bersama dengan anak seumur hidup, orangtua harus berkomitmen untuk memindahkan anak dari kendali eksternal ( hukum) ke pengawasan intern ( anugrah) sehingga anak belajar untuk hidup dari kesaksian imannya dan hubungan akrab dengan Tuhan melalui Kristus.

>>>>

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami