Inilah 7 Tanda Anda Terkena Meningitis

Fit & Charming / 6 May 2014

Kalangan Sendiri

Inilah 7 Tanda Anda Terkena Meningitis

Yenny Kartika Official Writer
109792

Meningitis terjadi saat selaput yang menyelubungi otak dan saraf tulang belakang—yakni selaput meninges—terkena infeksi. Infeksi meninges bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Virus dan bakteri ini masuk melalui kulit, saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan lain-lain. Selain itu, meningitis terkadang juga bisa disebabkan oleh jamur, protozoa, dan parasit lainnya. Kasus yang juga jarang terjadi adalah infeksi meninges yang disebabkan oleh kanker.

Meningitis memang serius. Orang pada usia berapapun bisa terjangkit penyakit ini, apalagi jika daya tahan tubuhnya sedang melemah, contohnya seperti yang sedang dialami artis Olga Syahputra. Penularan meningitis bisa terjadi melalui kontak dengan dunia sekitar seperti berciuman, batuk, dan bersin. Penyebaran bakteri dan virus penyebab meningitis juga terjadi melalui saling bertukar peralatan makan, handuk, dan makanan.

Gejala apa saja yang timbul saat seseorang mengalami meningitis? Yang terutama adalah demam, sakit kepala, dan leher yang kaku. Selain itu penderita meningitis akan merasa mual, muntah, tidak tahan terhadap cahaya, selera makan menurun, dan melakukan tindakan-tindakan konyol karena merasa kacau. Pada bayi, gejala meningitis antara lain demam, mudah tersinggung, enggan makan, dan lesu. Untuk meningitis yang sudah cukup parah, penderita juga bisa mengalami koma.

Selain gejala di atas, berikut ini adalah 7 tanda bahwa infeksi bakteri penyebab meninges telah menerobos ke dalam aliran darah:

1. Warna kulit menjadi tidak lazim

2. Kejang perut

3. Tangan dan kaki terasa sangat dingin

4. Muncul bintil-bintil merah (ruam) di kulit

5. Nyeri pada otot atau sendi

6. Napas tersengal-sengal

7. Merasakan kedinginan

Jika tanda-tanda tersebut terjadi pada Anda atau orang di sekitar Anda, segera hubungi dokter. Bila perlu, bawa pasien ke ruang gawat darurat.  

 

BACA JUGA:

Cegah Meningitis dengan Vaksinasi

Tips Hadapi Pelecehan Seksual di Kantor

Anak-anak Harus Tahu Bagaimana Hadapi Pelecehan Seksual

Pembunuh Bayaran Menangis di Hadapan Tuhan

Sumber : WebMD/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami