Cegah Meningitis Dengan Vaksinasi

Solusi Sehat / 5 May 2014

Kalangan Sendiri

Cegah Meningitis Dengan Vaksinasi

daniel.tanamal Official Writer
10656

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri meningokokus yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Infeksi bisa terjadi karena peradangan akibat virus dan bakteri pada selaput tersebut. 

Penyakit ini ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita atau paparan cairan tubuh penderita meningitis. Cara terbaik mencegah orang terkena penyakit meningitis dan mengurangi risiko penyakit meningitis sampai 70 persen adalah dengan memberikan vaksinasi meningitis. 

Dokter Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM Iris Rengganis mengatakan bahwa vaksinasi ini sangat dianjurkan untuk orang-orang yang akan bepergian ke wilayah atau negara dengan endemik atau memiliki kasus meningitis.

"Efektivitasnya sekitar 70-80 persen, namun ini tergantung pada sistem kekebalan masing-masing orang. Paling lambat 10-14 hari sebelum tiba di negara tujuan karena antibodi akan terbentuk dua minggu setelah penyuntikan," kata Iris. 

Saat ini diketahui sejumlah negara menjadi endemis meningitis meningokokus, yakni Australia, Amerika Serikat, Arab Saudi dan Gambia. Secara alami tubuh manusia melakukan penolakan tehadap benda asing yang masuk ke tubuh. Bibit penyakit meningitis lebih mudah menyerang ketika kekebalan tubuh melemah. Lakukan pola hidup sehat untuk selalu menyehatkan badan. Konsumsi sayur dan buah, serta lakukan olahraga secara teratur.

 

 


Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami