INSPIRASI MENDIDIK ANAK
Sumber: google

Pelayanan Anak / 5 May 2014

Kalangan Sendiri

INSPIRASI MENDIDIK ANAK

Hevi Teri Official Writer
984

 

>>>>  b. Uang

 

Ketiga: Jika engkau meminjam tabungan anakmu, maka jangan sekali-kali engkau melupakannya apa lagi mengingkari dan tidak membayarnya. Anak tidak akan pernah mau menabung lagi selamanya dan itu akan merusak hidupnya, dia akan menjadi pemboros dan penghambur uang, tumbuh menjadi anak orang yang tidak memiliki rencana keuangan.

Ketika anak saya pertama, Nia, selesai kenaikan kelas dan mendapat juara pertama, ia segera menelpon oma dan opanya. Saya berfikir kenapa begitu antusias dia ingin menelpon opanya. Ternyata opanya menjanjikan, kalau Nia juara, akan dikasih hadiah Rp.100.000,- untuk ditabung. Dari gaya dan cara bicaranya, saya bisa menangkap kesan, bahwa anak juga sangat menginginkan hadiah itu, karena dia punya beberapa angan-angan untuk membeli beberapa barang. Dia bangga, bahwa dia bisa membelinya bukan hanya sekedar ‘meminta’ tetapi ‘hasil karya-nya’.

Saya tadinya sedikit ‘frustasi’ dengan anak saya laki-laki yang sangat lambat mengerjakan PR sekolah atau tugas SEMPOA. Demikian juga bagaimana mendorongnya supaya mau less piano. Semua ternyata menjadi mudah setelah setiap prestasi, setiap tugas yang kita berikan, kita beri imbalan, berupa uang untuk ditabung. Kita bahkan bisa memberikan perintah yang cukup banyak, seperti mengerjakan 40 halaman sempoa dalam seminggu, dan dia akan melakukannya! (Karena dia ingin sekali beli robot, dan dia bisa membelinya ‘sendiri’ jika menyelesaikan tugasnya)

Anak mulai belajar, untuk mendapat sesuatu ada harga yang harus dibayar, ada hal yang harus dikerjakan. Anak belajar untuk tidak tergantung dan berharap saja kepada orang tua, dan tumbuh menjadi anak malas. Sifat rajin harus ditumbuhkan dan dilatih. Saya juga menjumpai, bahwa dengan sistem ini, maka anak-anak lebih ‘memiliki’ dan lebih merawat barang-barangnya, yang dia dapatkan dengan perjuangan.

 

>>>>

by. Ir. Jarot Wijanarko

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami