INSPIRASI MENDIDIK ANAK
Sumber: google

Pelayanan Anak / 4 May 2014

Kalangan Sendiri

INSPIRASI MENDIDIK ANAK

Hevi Teri Official Writer
961

b. Uang

 
Uang adalah alat motivator yang luar biasa, orang akan melakukan apa saja untuk uang, baik anak, orang dewasa maupun orang tua. Uang kita bisa gunakan sebagai alat motivator, atau sebagai bentuk hadiah. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menggunakan uang sebagai bentuk hadiah.

Pertama:Arahkan dan motivasi anak untuk menabung uang yang didapat tersebut. ( Jadi buatkan anak tabungan atas nama mereka, atau nama kita QQ nama mereka, karena sebelum mereka memiliki KTP hanya bisa QQ.) Janjikan dan berikan sejumlah uang tertentu apabila mereka melakukan sesuatu atau memperoleh prestasi tertentu sesuai permintaan atau pengharapan kita. Pengalaman saya, anak cukup bersemangat untuk mengumpulkan uang dan saling cerita bangga dengan teman-temannya atau kakak adiknya untuk jumlah tabungan yang sudah dicapainya, bahkan mereka saling berlomba. Berikan hadiah ini secara adil kesetiap anak.

Kedua:Jaga motivasi supaya anak tidak cinta uang, karena akar segala kejahatan adalah cinta uang. Kita melakukan ini dengan mengarahkan penggunaan uang yang telah mereka kumpulkan untuk menggunakannya yang memang diperlukan, seperti keperluan sekolah, pensil, buku, baju, sepeda dan mainan yang diperlukan. Jadi sebenarnya kita sebagai orang tua memang juga akan mengeluarkan biaya untuk hal-hal ini, namun kita menyalurkannya lewat ‘sistem hadiah’.

Anak saya pertama, setelah menabung, juga diajar dan telah mengerti dan menggunakan uangnya untuk persembahan / korban di gereja, untuk pelayanan, membayar perpuluhan dan untuk menolong orang lain.

 

>>>>

by. Ir. Jarot Wijanarko

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami