INSPIRASI MENDIDIK ANAK
Sumber: google

Pelayanan Anak / 3 May 2014

Kalangan Sendiri

INSPIRASI MENDIDIK ANAK

Hevi Teri Official Writer
1251

a. Pujian

Hadiah yang paling murah, sederhana dan efisien adalah ‘pujian’. Pujian harus diberikan secara wajar, bukan berlebih-lebihan. Pujian bukan bujuk rayu atau rayuan gombal.Katakan kepada anak ‘terima kasih’, ‘waah bagus sekali’, ‘pintar’, ‘nah begitu bagus’ ‘selamat belajar’ ‘ semoga sukses’ dan ucapan-ucapan dorongan lainnya.

Jika kita berbuat sesuatu atau melayani baik di gereja, di masyarakat atau kantor dan orang berkata ‘terima kasih’ kita senang bukan? Jika saudara memakai baju dan orang berkata: “Wah kamu cantik, bajumu bagus” kita senang bukan? Pujian memberikan penerimaan.

Jika anak mengompol atau bangun siang, kita menegor, jika dia bangun pagi atau tidak mengompol kita berkata apa? Saudara bilang “Tumben” Ini tidak boleh, saudara harus memujinya. Sering mulut kita terlalu cepat marah, menegor dan menghukum tetapi lamban memuji. Hukuman tidak akan menimbulkan kepahtian dan sakit hati, asalkan bagian ini (memuji) kita melakukannya juga.

Citra Diri saya tumbuh luar biasa, ketika saya bekerja di ASTRA EXPORT, dan saya banyak bekerja dengan buyer-buyer yang amat sangat sering memberikan apresiasi atas apa yang saya lakukan, dengan mengatakan “Well done Jarot” “You are great Jarot... well done!” “Thanks You Jarot.. Excellent!” Jauh berbeda suasananya, ketika saya reuni dan berjumpa teman kuliah yang bekerja di perusahaan lain dan sering mengeluh karena dimarahi terus, gaji memang besar tetapi dia stress dan citra dirinya tidak bertumbuh.


>>>>

by. Ir. Jarot Wijanarko

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami