Langkah Ampuh Cegah Virus MERS

Fit & Charming / 29 April 2014

Kalangan Sendiri

Langkah Ampuh Cegah Virus MERS

Yenny Kartika Official Writer
5873

Sebelumnya Anda mungkin belum paham apa itu MERS. Apakah ini penyakit jenis baru? Ya, bisa dibilang begitu. MERS adalah singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome (MERS), suatu penyakit yang disebabkan oleh coronavirus bernama MERS-CoV. Virus ini pertama kali dilaporkan di Arab Saudi tahun 2012. Sejauh ini virus MERS telah menyebabkan hampir 100 orang tewas di seluruh dunia.

Biasanya penderita yang terjangkit virus MERS akan mengalami penyakit saluran pernapasan yang disertai dengan gejala demam, batuk, dan napas pendek. Hingga kini belum tersedia vaksin spesifik untuk mengatasi penularan virus MERS, demikian juga dengan metode pengobatannya.

Secara global, MERS telah menginfeksi 243 jiwa. Di Arab Saudi sendiri 81 nyawa melayang akibat MERS, demikian menurut statistik World Health Organization (WHO), Agence France-Presse (AFP), dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

MERS menyebabkan warga Arab Saudi menjadi sangat berhati-hati. Dalam sebuah acara pernikahan di Tabuk, Arab Saudi baru-baru ini, para undangan dihimbau untuk menghindari pelukan dan ciuman. Mereka bahkan diminta untuk tidak berjabat tangan!

Menurut spesialis penyakit menular dari Dubai American Hospital, Moeena Zain, mencuci tangan adalah langkah paling utama dalam memutuskan rantai penularan virus MERS. Meski terdengar begitu menakutkan, Zain mengatakan bahwa flu dan pilek masih jauh lebih cepat menular dibandingkan MERS.

“MERS sepertinya bukan virus yang sangat mudah menular,” katanya.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk mencegah MERS, seperti dilansir dari WHO dan CDC:

1. Cuci tangan dengan sabun dan air selama sekitar 20 detik.

2. Jika tidak ada air, gunakan pembersih tangan beralkohol untuk mencuci tangan.

3. Tutup hidung dan mulut dengan tissue saat batuk atau bersin. Kemudian pastikan untuk membuang tissue tersebut pada tempatnya.

4. Hindari kontak fisik seperti minum dari gelas yang sedang dipakai atau menggunakan peralatan makan kepunyaan penderita.

5. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan.

6. Bersihkan sesering mungkin benda-benda yang disentuh banyak orang seperti mainan, gagang pintu, dsb.

7. Gunakan masker ketika berada di tempat umum.

 

BACA JUGA:

Sendy Soedjak: Orang Diubahkan Karena Kesaksian

Ini Alasannya Kenapa Partai Berbasis Agama Sepi Peminat

Cara Mencegah Penularan Virus MERS

Keperawananku Direnggut Secara Paksa

Cara Memasak Telur Menggunakan Microwave


Sumber : Berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami