Mengajar anak berpakain dengan benar
Sumber: google

Parenting Superbook / 27 April 2014

Kalangan Sendiri

Mengajar anak berpakain dengan benar

Zakarias Feoh Official Writer
2380

Usia 3-5 tahun adalah usia prasekolah, saat Anak mulai tertarik merawat diri sendiri. Salah satu wujud minatnya ini adalah memilih dan mengenakan baju sendiri. Anda dapat melatih si kecil agar terampil melakukan hal ini.

Kebebasan memilih
Ajak anak berbelanja pakaian ke toko baju. Biarkan ia memilih warna dan jenis pakaian yang disukainya. Tak perlu memaksakan pilihan Anda, sekalipun baju pilihan Anda jauh lebih bagus. Pastikan saja bahwa baju yang dipilihnya sesuai kebutuhannya saat itu. Tanpa Anda sadari sikap ini bisa membantu anak membangun rasa percaya diri.

Berikan contoh
Jika pilihan baju si kecil tidak sesuai kebutuhannya, seperti; ia memilih untuk membeli baju pesta padahal yang dibutuhkan adalah baju sehari-hari, maka jelaskan tujuan Anda mengajaknya. Demikian juga jika si kecil memilih mengenakan baju pesta untuk bermain. Inilah waktu yang tepat juga untuk menjelaskan fungsi pakaian sesuai kondisi pada si kecil.

Belajar konsep dasar
Aktivitas berpakaian dapat dijadikan kesempatan baik untuk mengajari anak tentang berbagai konsep dasar, seperti; mengenalkan warna dan perbedaan bentuk motif (polkadot, garis-garis, dll).

Menurut Prof. Jana Stone dalam artikelnya Selecting Clothes for Preschooler, Ages 3-5, pakaian adalah hal penting bagi anak di usia ini. Karena bisa menjadi sarana ekspresi diri anak. Namun, orang tua seringkali tidak benar-benar menyadari kesempatan ini. Agar si kecil mahir berpakaian, cobalah langkah-langkah berikut ini:

  • Letakkan pakaian dengan posisi bagian depan baju menempel pada meja atau tempat tidur, sehingga bagian berlabel berada di belakang jika pakaian dikenakan. Bila pakaian tidak berlabel, beri tanda dengan tinta waterproof atau stiker.
  • Contohkan pada si kecil untuk memasukkan kepala lebih dahulu saat memakai baju, baru kemudian bagian lengan.
  • Jika baju si kecil berkancing, ajarkan ia untuk mengancingkan baju dari bawah ke atas
  • Ajarkan anak untuk duduk ketika memakai celana atau kaus kaki.


Bila si anak berhasil mengenakan bajunya dengan benar, beri ia pujian dan katakan bahwa Anda bangga ia dapat mengenakan baju tanpa dibantu.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami