Ganti MSG dengan 4 Bahan Ini

Entertainment / 26 April 2014

Kalangan Sendiri

Ganti MSG dengan 4 Bahan Ini

Yenny Kartika Official Writer
6530

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Meskipun dapat membuat makanan semakin lezat, penggunaan monosodium glutamate (MSG) atau micin atau vetsin tidak dianjurkan. Pasalnya, zat kimia penguat rasa ini bisa mengganggu kerja otak. Peraturan Menteri Kesehatan RI no. 722/Menker/Per/IX/88 bahkan mengatur pembatasan penggunaan MSG.

Dalam jangka pendek, MSG tidak berpengaruh, namun dalam jangka panjang senyawa ini bisa terakumulasi dan membahayakan kesehatan. MSG diketahui dapat menyebabkan hipertensi, kerusakan pankreas, diabetes mellitus, dll.

Meski lezat di lidah, MSG tidak sehat di tubuh. Untuk itu, sebaiknya MSG diganti dengan empat (4) bahan alternatif berikut ini.

 

#1 Gula pasir dan garam

Paduan gula pasir dan garam dapat menciptakan rasa gurih alami pada masakan. Tetapi jangan tambahkan terlalu banyak gula agar masakan tidak menjadi manis.

 

#2 Kaldu alami dari ayam atau sapi

Kaldu alami mampu dibuat dengan cara mengolahnya dari daging asli. Caranya: rebus daging dan tulangnya bersama daun bawang dan bawang putih dalam air mendidih dengan api kecil. Supaya kaldu makin lezat, tambahkan beberapa rempah dan sayuran. Jika masih ada sisa setelah digunakan, air kaldu ini dapat disimpan di dalam kulkas untuk kemudian digunakan kembali.

 

#3 Udang kering dan ikan teri

Dalam bahan pangan dari laut ini sudah terdapat penyedap rasa alami untuk mengganti MSG. Goreng udang kering, ebi, atau ikan teri dengan bawang putih hingga matang, lalu campurkan ke dalam masakan. Cara lain: keringkan bahan-bahan tersebut dengan oven lalu gerus dengan food processor hingga menjadi bubuk. Campurkan dalam masakan.

 

#4 Bawang putih

Rasa sedap bawang putih akan muncul dengan cara berikut: memarkan bawang putih kupas, lalu tumis dengan sedikit minyak hingga layu, baru kemudian masukkan bahan-bahan lainnya. Rasa bawang putih juga bisa dikeluarkan dengan cara mencincang dan menumisnya hingga harum.

Sumber : Berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami