Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak
Sumber: google

Pelayanan Anak / 21 April 2014

Kalangan Sendiri

Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak

Hevi Teri Official Writer
2011

Masalah Pemberontakan


Kenapa orang tua memerlukan kendali ? Kendali diperlukan oleh karena ketidak dewasaan dan kebodohan http://www.jawaban.com/assets/uploads/hevi_teri/images/main/140401101209.jpganak-anak, tetapi juga oleh karena kecenderungan yang alami untuk pemberontakan. Oleh karena kejatuhan manusia, pemberontakan tidak bisa dipisahkan dalam kita. Sesungguhnya, kata-kata perlawanan, suka menentang, dan lain lain muncul 170 kali didalam NIV, 131 NASB, dan 143 NRSV. Sebelum kita memperhatikan beberapa prinsip mengenai pemberontakan, kendali, dan otoritas, mari kita mencatat beberapa sajak/ayat pada tentang isu ini:

Proverbs 29:15 reads, “Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.” Kenapa? Karena dalam pemberontakannya, anak-anak mencerminkan kurangnya disiplin orangtua.3 1 Samuel 15:23 reads, “Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim.” Dengan adanya pemberontakan dan kebutuhan control Tuhan merupakan salah satu kualifikasi penatua yaitu “seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya” (1 Tim. 3:4).

Berkaitan dengan Permasalahan pemberontakan dan penentangan adalah, fakta Setan, biang pemberontak, dan dosa manusia. Kendali diperlukan oleh karena permasalahan pemberontakan yang tidak bisa dipisahkan dari keberdosaan manusia melalui kejatuhan ( Gen. 5:3; Rom. 5:12). Jika tidak ada pemberontakan, tidak usah untuk berlatih kendali. Tetapi pemberontakan adalah kenyataan yang harus dihadapi. Anak-Anak dilahirkan secara alami suka menentang dan mereka mendapatkannya dari orang tua mereka ( Ps. 51:5; 58:3; Prov. 29:15).

Tuhan telah mendirikan,tetapkan institusi otoritas ( rantai komando) seperti pemerintah dan keluarga untuk perlindungan masyarakat. Institusi ini dirancang untuk mewakili otoritas Tuhan di dalam batasan-batasan tertentu atau menentukan batas dalam rangka mengendalikan kecenderungan yang alami didalam manusia untuk memanfaatkan dan merugikan orang lain ( Rom. 13:1f; Eph. 5:22f; 6:1f; Heb. 13:7, 17). Tujuan otoritas ini adalah untuk membawa kendali sebagai rintangan bagi pemberontakan terbuka. Batas ini meliputi: ( a) mereka yang ada di bawah otoritas tertentu , dan ( b) tingkat dan cara di mana mereka melakukan otoritas ini.

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami