Ini Alasan Jokowi Ditolak Mahasiswa ITB
Sumber: jawaban.com

Nasional / 18 April 2014

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Jokowi Ditolak Mahasiswa ITB

Lori Official Writer
4411

Kedatangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi ke kampus Institusi Teknologi Bandung (ITB), Kamis (17/4),  disambut demostrasi oleh ratusan mahasiswa. Mereka mempertanyakan rencana kerja sama dan kuliah umum pihak kampus dengan Jokowi yang dinilai tiba-tiba.

Sejumlah mahasiswa menyebut aksi ini sebagai bentuk penolakan terhadap politisasi kampus menjelang pemilihan presiden 9 Juli 2014. Selain rencana mendatangani nota kerja sama dengan ITB, jadwal pemberian kuliah umum di Aula Timur ITB juga dinilai tidak wajar.

“Kalau tanda tangan kerja sama tidak masalah direktorat, kenapa mau datang ke kuliah umum?” kata koordinator lapangan aksi mahasiswa ITB, Oky Fauzi Rahman seperti dirilis Tempo.co, Kamis (17/4).

Mereka mengaku aksi ini murni sebagai upaya menjaga netralisasi kampus. Sebab kampus sepatutnya netral dan terhindar dari politik praktis. Mereka mengaku akan menerima calon presiden manapun hadir dengan alasan berdialog bersama dengan mahasiswa.

Saat tiba pada pukul 13.00 WIB, mahasiswa berorasi di gerbang kampus dan membentangkan spanduk penolakan terhadap Jokowi. Untuk beberapa saat, mahasiswa mampu menghadang barisan mobil rombongan Jokowi. Namun petugas Dalmas Polri dibantu Satpam ITB berhasil memukul mundur mahasiswa.

Akibat penolakan dirinya, Jokowi membatalkan pemberian kuliah umum mahasiswa untuk menghindari masalah yang bisa terjadi. Jokowi mengaku kedatangannya terkait pada undangan kerjasama dengan ITB yang kerap gagal sejak September 2013 lalu.

Wajar bila mahasiswa mengundang kecurigaan terkait kunjungan Jokowi dimasa-masa gejolak politik yang tengah terjadi. Dengan itu, adalah bijak bila setiap aktifitas yang memicu kecurigaan publik dihindari untuk sementara waktu.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Usai Ujian, Mendikbud Diprotes Peserta UN

Pengadilan India Beri Identitas Resmi Kaum Transgender

Perayaan Paskah Kupang Dijamin Aman dan Meriah

Kemendikbud Desak JIS Urus Izin Keberadaan TK

Jajan ke PKL Monas Kena Denda Rp20 Juta

Sumber : Tempo.co/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami