Ingin Investasi Menguntungkan? Pilihlah Reksadana!

Investment / 17 April 2014

Kalangan Sendiri

Ingin Investasi Menguntungkan? Pilihlah Reksadana!

daniel.tanamal Official Writer
3433

Dinilai terdapat beberapa kendala dalam berinvestasi langsung di pasar modal, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) Denny R Thaher merekomendasikan reksa dana sebagai salah satu instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan masyarakat.

"Pertama, ada kendala ilmu atau informasi. Selanjutnya ada kendala nominal untuk diversifikasi dan ada kendala waktu. Solusinya adalah investasi di reksa dana," kata Denny di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Dirinya memaparkan, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal, dimana dana tersebut diinvestasikan oleh manajer investasi di saham dan surat utang di bursa efek.

Reksadana, lanjutnya, merupakan alternatif investasi paling mudah bagi seluruh lapisan masyarakat.  "Ini karena reksa dana terjangkau dan memberikan hasil yang tinggi dalam jangka panjang, sesuai dengan risiko yang dihadapi. Ini tertuang dalam UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1996," jelasnya.

Selain itu, menurut Denny, investasi di reksa dana sangat aman. Manfaat yang dapat diperoleh antara lain produk diatur dan diawasi oleh regulator, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Selain itu, aset disimpan bank kustodian, dan bersifat bankcruptcy remote. Nilai investasi juga dapat diketahui setiap hari. Investasi di reksa dama juga sangat mudah, seperti semudah menabung di bank. Masyarakat bisa memulai investasi dengan jumlah kecil, bahkan bisa mulai dari Rp 200.000."

 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami