5 Singkatan Capres-Cawapres yang Sudah Beredar
Sumber: tribunnews.com

Nasional / 16 April 2014

Kalangan Sendiri

5 Singkatan Capres-Cawapres yang Sudah Beredar

Lois Official Writer
3924

Saat ini para partai politik sibuk mencari rekan koalisi dalam menghadapi pemilihan presiden Juli 2014 mendatang. Ada tiga partai besar yang menjadi poros politik namun tetap belum layak mencalonkan diri yaitu PDIP, Golkar, dan Gerindra. Ketiganya mencalonkan berturut-turut Joko Widodo, Aburizal Bakrie, dan Prabowo Subianto. Dari ketiganya, berikut ini beberapa singkatan dari gabungan nama capres-cawapres yang muncul yaitu :

Jokomu (Jokowi – Muhaimin)

Jika PDIP bergabung dengan PKB, ada tiga capres yang diusung PKB yaitu Rhoma Irama, Mahfud MD, dan Jusuf Kalla. Namun belakangan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dinilai sukses menaikkan suara PKB yang diusung sebagai cawapres Jokowi. “Banyak usulan yang masuk mengajukan Cak Imin sebagai cawapres,” ujar Wakil Sekjen DPP PKB Lukmanul Khakim, Sabtu (11/4/2014).

Lukmanul menambahkan, PDIP dan PKB sudah menjalin komunikasi untuk lobi. “Saya kira Cak Imin cocok menjadi cawapres Pak Jokowi. Nasional Merah-Nasionalis Hijau cocok pimpin Indonesia dan Jokomu (Jokowi-Muhaimin) jadi pilihan terbaik,” ujarnya.

Romawi (Rhoma Irama-Jokowi)

Singkatan ini muncul saat Rhoma Irama dan Jokowi akan berduet di malam pergantian tahun baru. Adapun akronim ini muncul akibat perkataan Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Saat itu, Ahok merasa Jokowi tidak pantas disandingkan menjadi cawapres Rhoma Irama. “Kenapa tidak Jokowi-Rhoma, kalau Rhoma-Jokowi disingkat jadi Romawi, hancur dong Kerajaan Romawi,” ujar Ahok Senin (30/12/2013) di Balai Kota DKI Jakarta.

JKW-JK (Jokowi-Jusuf Kalla)

Sejak dideklarasikan oleh PDIP, nama Jokowi sering diganti dengan inisial JKW oleh para pendukungnya, sementara Jusuf Kalla memang sudah populer dengan singkatan JK. Duet ini masih menunggu sikap PDIP. Namun hasil survei sebelum pemilu menyatakan bahwa pasangan keduanya mendapat persentase yang cukup besar.

Prabowo Berjasa (Prabowo bersama Hatta Rajasa)

Akronim ini muncul sejak PAN makin dekat dengan Gerindra. Meskipun pada awalnya PAN sempat menjalin komunikasi dengan PDIP, namun nampaknya belakangan PAN lebih intens membahas koalisi dengan Gerindra.

Manies (Mahfud MD – Anies Baswedan)

Jika PKB dan Partai Demokrat berkoalisi, maka namanya akan muncul singkatan Manies. Namun, sepertinya duet yang ini sulit terwujud karena PKB lebih merapat ke PDIP ketimbang ke Partai Demokrat.

Sementara itu, sambil menunggu hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi, para partai saling melakukan lobi. Masih ada banyak kemungkinan yang terjadi dan bisa saja partai dengan suara banyak dapat berkoalisi satu sama lain. Namun, setelah diumumkan, biasanya nama singkatan itupun menyertai. Yang terpenting, siapapun wapres dan cawapresnya, pilihlah yang terbaik.

 

Baca juga :

Main Game Online yang Murah? Ini Cara Menyiasatinya

Tanda Anda Hanya Dijadikan Pelarian

Captain America VS The Winter Soldier

Miskin Ga Boleh Sakit? Siapa Bilang? Ada BPJS Kok

Berbagai Fungsi Menurun, Lansia Tetap Bisa Sehat Bahagia

Sepatu Dahlan, Perjuangan Bocah Hadapi Kemiskinan

Sumber : merdeka.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami