Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak
Sumber: google

Pelayanan Anak / 16 April 2014

Kalangan Sendiri

Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak

Hevi Teri Official Writer
938

Alkitab, berwibawa dan diilhami Tuhan, mempunyai banyak hal tentang orangtua, rumah, dan anak-anak. Sebagai contoh:


(1) Psalm 128:1-4 mengajar bahwa anak adalah karunia dari Tuhan; mereka adalah berkat dan kepercayaan dari Tuhan. Tapi Psalm 127:3-5 memperingatkan mengenai hal ini, orang tua harus mengijinkan Tuhan untuk membangun keluarga yang meliputi pelatihan anak-anak kita. Jika Tuhan diijinkan untuk membangun keluarga, kita harus menggunakan Materialnya, Perkakas, dan mengikuti Cetakbirunya. Kita harus membangun Kandang PelatihanNya.

(2) Amsal berkata, kita harus mendidik anak kita dijalan yang seharusnya (Prov. 22:6). Artinya mengarahkan anak-anak untuk masuk jalur yang benar. Tetapi apa yang merupakan arah atau jalan yang benar dan bagaimana cara orangtua melakukan ini, terutama dimasa sulit ini?

(3) Alkitab juga mengajar orang tua untuk mendidik anak-anak mereka (memelihara mereka) dalam disiplin (pelatihan) dan instruksi (peringatan) tentang Tuhan ( Eph. 6:4). Tuhan melatih anak-anak didalam JalanNya melaluiorang tua. Sebagai orang tua, kita adalah agen pelatihan untuk Tuhan.

(4) Para bapak, oleh karena itu, mengendalikan anak-anak dengan martabat ( 1 Tim. 3:4). Mengapa? Sebab anak-anak dilahirkan tanpa kendali. Suatu ilustrasi yang baik tentang ketiadaan kendali adalah kebutuhan akan popok. Kedudukan sebagai orang tua, oleh karena itu, berarti hak otoritas dan tanggung jawab mengendalikan anak-anak mereka menurut standard dan nilai-nilai Alkitab, tetapi tujuannya adalah untuk membawa anak di bawah kendali Tuhan melalui suatu hubungan denganNya.

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami