PERLINDUNGAN BAGI KELUARGA DENGAN DIDIKAN, BIMBINGAN, PETUNJUK
Sumber: google

Pelayanan Anak / 8 April 2014

Kalangan Sendiri

PERLINDUNGAN BAGI KELUARGA DENGAN DIDIKAN, BIMBINGAN, PETUNJUK

Hevi Teri Official Writer
1197

Bagaimana orang tua dapat melindungi anak-anaknya .

•   Dengan melibatakan diri dalam kehidupan anak-anaknya jadi sahabat anaknya bukan jadi Tuan atau raja otoriter, supaya mereka mau terbuka menceritakan apa saja termasuk perasaan hatinya sebab kalau sampai cerita kepada teman sebaya maka akan terjadi “ Orang buta menuntun orang buta “ dengan Doa minta ketajaman akan situasi dan gelagat sekecil apapun agar tidak terlanjur dalam memperhatikan tindak tanduk anaknya.agar bahaya yang mengancam bisa dideteksi sedini mungkin.Amsal 2:11 /29:15 /Yakubus 1:5.

•   Dengan tukar pikiran , berhubungan baik dengan kalimat gurauan atau serius , bahkan dengan isyarat akan membangun hubungan yang baik antara orang tua dengan anaknya, factor kunci ini memang dimulai dari menempatkan diri sebagai sahabat sehingga anak mau terbuka, sehingga perlindungan bisa diwujudkan . Amsal 1:8 /2:1/ 3:1/ 4:1 ,10,20 / 5:1/6:1/7:1.

•   Dengan teladan anak biar bisa melihat bagaiman kita menghindari bahaya dalam pergaulan misal diajak orang yang suka judi ,mabuk-mabukan,bergadang,ketempat yang tidak baik bagaimana orang tua mengatasi ajakan teman-teman itu merupakan teladan paling baik bagi anaknya , atau pengalaman buruk masa lalu diceritakan agar anaknya tidak mengulang kesalahan yang sama dengan dirinya, sebab walau banyak anak tidak mau terjerumus dalam dosa orang tuanya tetapi kecenderungan jatuh dalam dosa yang sama itu selalu mengejar hidupnya ada faktor keturunannya, orangtua harus mewaspadai hal ini, sebab ada roh-roh jahat yang mempengaruhinya. Amsal 9:18./ keluaran 20:5,6 / Ratapan 5:7.

•   Dengan pembatasan , orang tua punya hak untuk membatasai gerak anaknya,agar anaknya tidak terjebak dalam kegiatan –kegiatan yang berbahaya, dengan pengalaman orang tua atau teman orang tua sebagai contoh akibat yang dialami dengan pergaulan atau olahraga yang berbahaya.Amsal 6:20-26 / Ulangan 6:24.

•   Orang tua tak seyogyanya hanya membatasi anak-anaknya agar tidak terhindar dari malapetaka dikemudian hari tetapi juga bisa memberikan pilihan penganti yang positif, yang berguna ini akan melenyapkan keinginan yang negative yang mengandung bahaya. Roma 12:21.


•   Dengan disiplin dan pengajaran , kitab Amsal mengajar bagaimana orang tua mendidik dan mengajar jalan kehidupan kepada anak-anaknya bagaimana berbahayanya jalan yang tidak baik , yang tidak senonoh, pentingnya hal ini kita bisa melihat sampai Allah menetapkan bahwa orang tua boleh menggunakan disiplin dengan paksaan agar anaknya tunduk kepada pembatasan-pembatasan yang ditetapkan oleh orang tuanya, disiplin memang pahit,akan tetapi jauh lebih baik daripada hancur karena kejahatan dikelak kemudian hari anaknya. Amsal 6:32,33 /7:22,23,27 / 23:13,14.

 

By. ForumKristen.com >>>


Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami