Chile Gempa, 19 Provinsi Indonesia Berpotensi Tsunami

Chile Gempa, 19 Provinsi Indonesia Berpotensi Tsunami

Lois Official Writer
3087

Masyarakat di sebagian daerah Indonesia harus ikut waspada akibat gempa berkekuatan 8,2 SR mengguncang Chile Rabu (2/4/2014) kemarin. Pasalnya, gempa tersebut bisa mengakibatkan tsunami di sejumlah kawasan pesisir Indonesia, dari Provinsi Papua hingga Lampung, seperti yang dilansir Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

“Gelombang tsunami itu diperkirakan sampai di Indonesia kali pertama di Provinsi Papua, yakni pada Kamis (3/4/2014) pukul 05.11 subuh, waktu Indonesia bagian barat,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (2/4/2014).

Setelah Papua, tsunami kemungkinan secara beruntun melanda kota-kota lainnya seperti Provinsi Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Selanjutnya, tsunami akan melanda sejumlah daerah pesisir Sulawesi, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Terakhir, gelombang tsunami itu diperkirakan akan menerpa pesisir Provinsi Banten dan Lampung. "Total ada 115 lokasi di 19 provinsi itu yang akan dihampiri gelombang tsunami yang ketinggiannya mencapai 0,5 meter," terangnya. Untuk lebih lengkap daerah-daerah mana saja yang berpotensi terkena tsunami, akses www.bnpb.go.id

 

Baca juga :

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Ucapan Suami yang Setia Saat Mabuk

Alat Canggih yang Digunakan Untuk Mencari MH370

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (2/2)

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami