Jangan Anggap Remeh Kebersihan Tangan!

Solusi Sehat / 31 March 2014

Kalangan Sendiri

Jangan Anggap Remeh Kebersihan Tangan!

daniel.tanamal Official Writer
4899

Mari sadari bersama bahwa kesehatan adalah salah satu fondasi penting kemajuan suatu bangsa! Jangan hanya berharap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat membuat bangsa menjadi besar saja. Kesehatan, punya andil krusial disana!

Ya inilah fakta menyedihkan bahwa angka kejadian berbagai penyakit infeksi di Indonesia, seperti diare, thypus, dan disentri juga cukup tinggi. Kejadian luar biasa diare dilaporkan di 16 provinsi pada tahun 2006 (menurut data World Bank).

Padahal, penyakit-penyakit infeksi itu bisa dicegah dengan langkah sederhana dan murah seperti mencuci tangan pakai sabun. Sebuah studi yang dilakukan Katie Greendland dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, Inggris, menemukan, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun di saat penting dapat mencegah kejadian diare sampai 47 persen.

Sebaliknya, tidak melakukan cuci tangan pakai sabun di saat-saat penting bisa menyebabkan diare, termasuk kolera, radang paru, pandemi influenza, infeksi kelahiran baru, dan infeksi di antara penderita AIDS.

"Bakteri penyebab diare sebenarnya berasal dari kotoran manusia yang dibawa lalat, air, tanah, dan jari tangan yang mencemari makanan yang. Pencegahannya sederhana sekali, yakni sanitasi yang baik dan mencuci tangan pakai sabun," katanya dalam media edukasi yang diadakan PT.Unilever Indonesia di Jakarta (14/10/11).

Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit.

Cuci tangan pakai sabun hendaknya dilakukan pada waktu-waktu kritis, yakni sebelum makan, sebelum mengolah makanan, setelah membersihkan kotoran bayi, setelah memakai toilet, dan sebelum menyuapi anak.

Cuci tangan sebelum mengolah makanan bertujuan mencegah penyebaran bakteri penyebab keracunan makanan. Cuci tangan pakai sabun juga wajib dilakukan sebelum dan sesudah mengolah daging mentah.

Sementara itu setelah memakai toilet atau membersihkan popok bayi, cuci tangan pakai sabun akan mengurangi risiko infeksi penyakit seperti hepatitis A dan salmonela.

Jadi, ayo budayakan semangat mencuci tangan untuk kesehatan (bukan sebelum makan!)

 


Sumber : Health Day News
Halaman :
1

Ikuti Kami