Strategi Sukses Berbisnis Via Media Sosial

Strategi Sukses Berbisnis Via Media Sosial

Lori Official Writer
3588

Dalam tren dunia Enterpreneur saat ini, media sosial sudah menjadi marketing bisnis yang sukses. Hal ini terbukti lewat penelitian yang dilakukan oleh seorang dosen sistem informasi, Daniel Schlagwein dan siswanya Monica Hu dari Sekolah Bisnis Australia (ASB) kepada 20 perusahaan di Australia untuk mengetahui dampak peneggunaan media sosial bagi peningkatan bisnis.

“Perusahaan benar-benar mendapat manfaat dari sosial media. Sementara beberapa perusahaan berhenti menggunakan satu media sosial dan beralih menggunakan media lainnya,” kata Schlagwein, seperti dilansir Smartcompany.com.au.

Schlagwein menyatakan bahwa media sosial juga mampu meningkatkan efisiensi kerja perusahaan. Sejumlah perusahaan bahkan telah mempekerjakan tim khusus media sosial untuk menangani urusan eksternal perusahaan.

Lalu bagiamana trategi sebuah perusahaan memanfaatkan media sosial dalam menyukseskan usahanya? Ada empat hal yang perlu diketahui dalam menjalankan bisnis yang ditunjang oleh media sosial yakni:

Pertama, pengetahuan dan tujuan pembuatan akun media sosial. Sangat banyak akun-akun media sosial yang dibuka namun pada akhirnya hanya aktif dalam jangka waktu yang singkat. Dari itu, sebuah perusahaan patut memiliki konsep, tujuan dan target yang harus dicapai melalui media sosial.

Kedua, rancang strategi pemasaran yang hedak dilakukan lewat jejaring sosial. Sebuah perusahaan yang telah memiliki merek biasanya memiliki website khusus. Dari itu, perusahaan harus mampu menjadikan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Linked in dan lainnya sebagai media pemasaran produk perusahaan.

Ketiga, mampu menarik perhatian konsumen. Pengelola media sosial perusahaan harus mampu menyasar kelompok penikmat produk dan menyuguhkan beragam bentuk kreatifitas yang dapat menarik perhatian para pengguna media sosial.

Keempat, kelola media sosial dengan menerapkan komunikasi yang baik dan efektif. Berinteraksi dengan para fan serta menerapkan kreatifitas bahasa pemasaran yang halus untuk menggugah keingintahuan konsumen menjadi strategi jitu pemasaran di media sosial.

Sebagai media komunikasi pemasaran yang bermanfaat dalam peningkatan bisnis, perusahaan patut menaruh keseriusan dalam menjalankannya. Maka dibutuhkan pengelola/admin dan penyedia infrastruktur teknologi informasi yang kompeten untuk itu.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Cara Terbaik Gunakan Media Sosial Untuk Menunjang Bisnis

Raup Keuntungan Berbisnis di Masa Kampanye

Ragam Peluang Bisnis Desain Grafis

Potensi Media Sosial Untuk Tingkatkan Karir

Keuntungan Menggunakan Event Organizer

Sumber : Smartcompany.com.au/jawaban.com/ls

Ikuti Kami