TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB GEREJA TERHADAP ANAK
Sumber: google

Pelayanan Anak / 25 March 2014

Kalangan Sendiri

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB GEREJA TERHADAP ANAK

Hevi Teri Official Writer
4180

Tujuan Pendidikan Anak Sekolah Minggu 

Tujuan pokok pendidikan Kristen, termasuk di dalamnya pendidikan anak adalah memperlengkapi warga jemaat agar dapat mewujudkan tanda-tanda Kerajaan Allah dalam Yesus Kristus sambil menantikan penggenapannya. ”Our metapurpose as Christian religious education is to lead people out to the Kingdom of God in Jesus Christ.” Tujuan ini perlu dijabarkan dalam konteks masa kini yang kongkret dan tertentu, agar Kerajaan Allah tidak sekadar sebagai slogan melainkan hidup secara nyata dan jelas. Dalam pendidikan anak, para guru mengajarkan tentang kepekaan sosial dan juga sikap cinta alam perlu dibiasakan sejak masa kanak-kanak agar ikut serta membentuk kepribadian. Begitu juga dengan era globalisasi yang tak dapat dihindari oleh siapa pun dengan pesatnya perkembangan teknik komunikasi, era pasar bebas, perkembangan iptek, dan lain-lain. Maka anak yang akan hidup sebagai orang dewasa pada abad ke-21 ini membutuhkan iman dan kepribadian Kristen yang dapat menghadapi dunia globalisasi. Untuk itu, anak-anak membutuhkan pendidikan iman yang tangguh dalam hidup sehari-hari dalam era globalisasi ini.

            Dalam pengajaran anak Sekolah Minggu dilakukan untuk memperkenalkan tiga hal, yaitu:

-     - Kasih Tuhan dalam kehidupan mereka dan dalam dunia ini.

-     - Tradisi yang dikenal oleh gereja dimana anak-anak menjadi bagian dari jemaat.

-     - Supaya mereka berperilaku kristiani, mendasarkan hidup mereka pada Firman, seperti toleran, sopan, dan sebagainya. Sebab perilaku kristiani tidak datang secara otomatis.

Dalam mencapai hal di atas, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang terpanggil dan terampil, kurikulum dan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan/konteks anak, ruangan khusus Sekolah Minggu beserta materi yang relevan secara kognisi, afeksi, dan psikomotorik. Inilah yang menjadi tugas gereja yang menjamin berlangsungnya pelayanan terhadap anak tersebut.

Tujuan pendidikan agama Kristen kepada anak-anak menurut Homrighausen dan Enklaar adalah :

a.  a. Anak mengenal Allah sebagai pencipta dan pemerintah seluruh alam ini, dan Yesus Kristus sebagai       penebus, pemimpin dan penolong mereka.

b.  b. Mereka mengerti akan kedudukan dan panggilan mereka selaku anggota-anggota Gereja Tuhan, dan    suka turut bekerja bagi perkembangan di bumi ini.

c.  c. Mereka mengasihi sesamanya oleh karena Tuhan mengasihi mereka sendiri.

d.  d. Mereka insaf akan dosanya dan selalu mau bertobat, minta ampun dan pembaruan hidup pada Tuhan.

e.  e. Mereka suka belajar terus mengenai berita Alkitab, suka ambil bagian dalam kebaktian jemaat, dan suka melayani Tuhan di segala lapangan hidup.

 

http://www.jawaban.com/assets/uploads/hevi_teri/images/main/140324094404.png Pendidikan anak yang direncanakan dengan baik adalah tindakan untuk membesarkan anak sedemikian rupa hingga dia akan beranjak dewasa menjadi seorang pribadi yang bertindak dengan bertanggung jawab seraya sekaligus menemukan sukacita dan eksistensinya. Oleh karena itu, orangtua bertanggung jawab dan mengasihi anak Sekolah Minggu dengan mengajarkan Firman Tuhan baik melalui tindakan maupun perbuatan. Orangtua siap mendampingi anak dalam tahap pendidikannya.

 

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami