Komentar Para Bintang Balapan MotoGP

Komentar Para Bintang Balapan MotoGP

Lois Official Writer
2418

Menjelang dibukanya MotoGP 2014 secara resmi di Qatar pada tanggal 23 Maret 2014, para bintang MotoGP mengemukakan opini mereka tentang regulasi baru yang membuat mereka dikelompokkan dalam kelas Open atau Factory. Mereka yaitu Marc Marquez, Dani Pedrosa, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Cal Crutchlow.

Di saat-saat terakhir, kelas baru diberlakukan dalam MotoGP 2014 dimana tim pabrikan bisa memegang kelas Factory namun para pembalapnya berada di kelas Open dan mereka akan mendapat keuntungan seperti empat liter lebih banyak, 12 kali mesin yang boleh diubah, dan ban yang lebih lembut. Para pembalap secara umum setuju bahwa kelas ketiga ini membingungkan.

Marc Marquez

“Untuk para fans mungkin sedikit aneh karena regulasi sudah diubah dua atau tiga kali. Pertama kali mereka bilang ada dua kategori – Factory dan Open – tapi sekarang mereka punya kategori ini… Saya tidak mengerti situasinya,” ujar Marquez.

“Bagaimanapun juga pada akhirnya semuanya mirip-mirip. Open dan Factory memang punya keuntungan dan kerugian masing-masing. Tapi saya pikir setiap orang hanya perlu satu kategori, karena namanya hanya ‘MotoGP’, tapi mereka butuh waktu,” ujarnya lagi.

Jorge Lorenzo

“Saya pikir hal yang ideal yaitu hanya punya satu kategori dan mungkin 10-15 pembalap bertarung untuk satu hal tersebut. Inilah tujuan bagi Dorna – menekan biaya dan punya banyak pembalap yang berjuang merebut kemenangan.

Tujuan utama (yaitu menekan biaya) adalah sedikit membingungkan karena Anda mengurangi pemakaian mesin dan bahan bakar (untuk kelas Factory) tapi sekarang ada pilihan untuk berada di kelas Open dan punya lebih banyak mesin dan bahan bakar. Tapi mempunyai lebih banyak pembalap yang bertarung untuk menang – mereka mendapatkannya.”

Valentino Rossi

“Iya, memang sedikit membingungkan, tapi saya pikir pada akhirnya pembalap tidak peduli banyak tentang hal ini. Bagian terpenting bagi kami yaitu memberikan yang terbaik, menjadi yang tercepat, menampilkan penampilan dan hasil yang baik untuk dilihat setelah bendera berpetak-petak itu dikibarkan.”

Cal Crutchlow

Pembalap Ducati yang berada di kelas ketiga dimana menikmati keuntungan berada di kelas Open namun punya keuntungan kelas Factory berkata, “Saya pikir peraturan itu baik. Saya pikir Dorna melakukan pekerjaan yang baik untuk membantu kami. Terima kasih!”

Aleix Espargaro

“Ada beberapa peraturan. Kami hanya membalap bagi para penggemar, yang menonton pertandingan di stadion atau TV. Jadi (kami butuh) sepeda motor yang lebih kompetitif, lebih banyak pilihan bagi pembalap, lebih banyak kesenangan dan membalap,” ujar Espargaro. “Saya pikir itu hal tak mudah bagi Dorna. Mungkin lebih jelas jika hanya ada satu kelas. (Tahun lalu) kami hanya punya 4 sepeda motor yang kompetitif. Tahun ini mungkin lebih mengikuti regulasi kelas Open, jadi saya pikir ini selangkah lebih maju.”

Dani Pedrosa

“Saya pikir hal ini tidak ideal. Kami di dalam era dimana setiap lima menit (peraturan) dapat berubah, karena itu tidak mudah menemukan jalan untuk membuat MotoGP hanya satu kelas dimana setiap orang bertanding dalam kondisi yang sama dan membuat pertunjukan yang baik,” ujar pembalap Repsol Honda tersebut. “Saya pikir kami harus menunggu beberapa tahun lamanya untuk menemukan keseimbangan yang benar, untuk mendapatkan yang terbaik bagi kejuaraan. Tapi jika Anda melihat dari luar (MotoGP), Formula One juga membuat banyak perubahan untuk menemukan jalan terbaik. Hal ini tidak ideal tapi inilah peraturan yang ada.” Ujarnya lagi.

Para pembalap ada yang bingung, ada yang mengatakan hanya perlu satu kelas saja, ada pula yang ingin fokus pada balapan saja. Namun dengan adanya regulasi baru ini, tentu ada beberapa hal penyesuaian yang mereka lakukan. Siapa yang terbaik? Kelas apa yang terbaik atau langkah apa yang terbaik, semuanya ditentukan dalam pertandingan nanti.

 

Baca juga :

Nak, Ibu Ingin Bicara Tentang Memilih-Milih Perempuan

Jalan Kaki Bisa Sehatkan Ibu Hamil dengan Teknik Ini

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : crash.net by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami