6 Langkah Mengurangi  Resiko Sakit Ginjal

6 Langkah Mengurangi Resiko Sakit Ginjal

Puji Astuti Official Writer
5680

Jumlah penderita yang mengalami masalah dengan ginjal setiap tahunnya terus bertambah. Untuk meningkatkan kesadaran untuk menjaga organ tubuh yang sangat penting ini, salah satu upaya yang dilakukan adalah ditetapkannya Hari Ginjal Sedunia setiap 13 Maret. Beberapa masalah yang sering dialami adalah batu ginjal, infeksi, hingga kanker pada ginjal.

Ginjal merupakan organ tubuh yang vital karena menjaga agar darah tetap bersih dan kandungan kimiawi dalam tubuh tetap seimbang. Setiap hari ginjal manusia memproses sekitar 190 liter darah dan membuang sekitar 2 liter produk sampah dalam bentuk urin.

Sangat jarang ginjal tiba-tiba rusak atau sakit secara mendadak, kecuali disebabkan oleh racun. Biasanya ginjal rusak secara pelan-pelan selama bertahun-tahun baru kemudian menunjukkan tanda-tanda penyakit. Biasanya kondisi ginjal mulai memburuk mulai usia 30 tahun ke atas, walau ada penderita berusia muda namun sangat jarang. Untuk itu usaha pencegahan sejak dini di usia muda akan membantu kondisi ginjal tetap baik hingga usia senja.

1. Lakukan pemeriksaan berkala
Untuk mengurangi resiko penyakit ini salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala termasuk kondisi ginjal. Tes kesehatan yang disarankan untuk mengetahui kondisi ginjal adalah tes kandungan albumin dalam urin dan tes kandungan creatinine dalam darah. Albumin adalah salah satu jenis protein, jika jumlah protein dalam urin terlalu banyak kemungkinan ginjal Anda bermasalah, demikian juga dengan creatinine yang merupakan produk buangan dari ginjal.

2. Jaga tekanan darah dan kandungan gula darah.
Darah tinggi dan juga diabetes adalah dua kasus penyebab yang sering membuat ginjal mengalami masalah. Darah tinggi dan diabetes dapat membuat salurah darah bermasalah yang pada akhirnya mempengaruhi fungsi ginjal.

3. Jaga berat badan tetap ideal
Menjaga berat badan juga sangat penting bagi kondisi ginjal kita, mengingat kegemukan membuat ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring racun-racun dalam tubuh. Selain itu obesitas erat kaitannya dengan diabetes dan darah tinggi.

4. Berhentilah merokok dan minum minuman beralkohol serta mengandung soda
Rokok dan minuman keras dapat memperburuk kondisi ginjal, sedangkan soda karena mengandung asam fosfat sering dikaitkan dengan penyakit batu ginjal.

5. Berolahraga
Karena kerusakan ginjal terjadi secara berlahan selama bertahun-tahun, maka gaya hidup seseorang akan sangat berdampak besar. Untuk itu disarankan untuk membangun gaya hidup yang sehat, dimana salah satunya adalah dengan rutin berolahraga.

6. Minum air putih
Minum air putih secukupnya dapat membantu ginjal karena dapat mendorong racun-racun dalam tubuh keluar. Walau demikian jangan terlalu banyak juga karena dapat membuat ginjal terlalu keras bekerja.

Kesehatan menjadi sesuatu yang mahal ketika sudah jatuh sakit, padahal jika kita menjaganya dengan baik setiap hari caranya sangat sederhana dan murah. Lakukan enam hal di atas dan jalani hidup maksimal serta nikmati waktu-waktu indah bersama keluarga.

Baca juga artikel lainnya :

Lima Makanan Sehat Untuk Ginjal Sehat

Laparoskopi, Harapan Baru Bagi Penderita Ginjal

Suami Selingkuh, Wanita Ini Minta Kembali Ginjalnya

Pemimpin Al-Qaeda Libanon Tewas Akibat Gagal Ginjal

Program Solusi Menginspirasi Hidupku

Sumber : Foxnews | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami