BNPB : Kebakaran Riau Rugikan Ratusan Triliun Rupiah

BNPB : Kebakaran Riau Rugikan Ratusan Triliun Rupiah

Lois Official Writer
2902

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau mencapai ratusan triliun rupiah. Sealin itu, kebakaran hutan juga membuat hutan lindung dan cagar biosfer rusak. Hal ini dikemukakan oleh kepala BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Selain itu, Sutopo juga mengatakan kebakaran yang menyebabkan asap di daerah Riau menyebabkan kerugian ekonomi sebesar 10 triliun rupiah. Namun, yang paling merugikan adalah kesehatan masyarakat yang terganggu dan rusaknya cagar biosfer tersebut. “Kemudian kerugian keanekaragaman hayati, emisi CO2, kemudian juga kerugian kesehatan, kalau kita kuantifikasikan, kalau kita rupiahkan, (bisa rugi) puluhan triliun bahkan ratusan triliun dalam hal ini.”

Angka tersebut tidak sebanding dengan pembakaran hutan oleh para pelaku. Data BNPB menyebutkan kabut asap menyebabkan ratusan ribu orang menderita ISPA. Sementara itu, menurut Kapolri Sutarman, tersangka pembakaran hutan dan lading hingga saat ini masih 60 orang dan semuanya berasal dari satu perusahaan. “Ada 60 tersangka,” ujar Kapolri Sutarman di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Kebakaran hutan di Riau ini sempat mengganggu juga kota-kota bahkan negara yang berdekatan lokasinya dengan Riau. Hal ini juga membuat warga di sana menderita. Pencemaran lingkungan yang terjadi di Riau ini sempat diberitakan melalui blackberry messenger dan mengajak masyarakat untuk menyadari adanya masalah di sana. Tetap berdoa bagi Riau.


Baca juga :

Nak, Ibu Ingin Bicara Tentang Memilih-Milih Perempuan

Jalan Kaki Bisa Sehatkan Ibu Hamil dengan Teknik Ini

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang


Sumber : beritasatu.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami