Pemberontak Suriah Bebaskan Tawanan Biarawati
Sumber: Wordpress.com

Internasional / 10 March 2014

Kalangan Sendiri

Pemberontak Suriah Bebaskan Tawanan Biarawati

Lori Official Writer
4069

Kelompok pemberontak Suriah akhirnya membebaskan 13 biarawati dan 3 petugas salah satu biara di kota Maaloula, sekitar 56 kilometer dari Damaskus bagian Utara. Mereka mendapatkan kebebasan setelah proses negosiasi antara pemerintah dan kelompok pemberontak.

Berdasarkan laporan dari pejabat setempat, para biarawati itu tengah menuju Libanon, dari sana pemerintah Libanon akan bekerja sama dalam proses pemulangannya ke Suriah. Kepala Biara Mar Taqla, Pelagia Sayaf, salah satu tawanan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Bashar al-Assad lantaran telah mengupayakan pembebasan tersebut.

Selama ditawan, Sayaf dan biarawati lainnya mengaku diperlakuan dengan baik. “Kami tidak diganggu sama sekali. Tidak ada yang memaksa kami untuk menanggalkan salib kami,” kata Sayaf.

Dalam penyambutannya, pemerintah Suriah telah mengirim Gubernur Damaskus Hafez Makhlouf, kerabat dari Presiden Assad menuju perbatasan dengan Libanon. Pembebasan tersebut dinilai sebagai keberhasilan proses negosiasi dengan kelompok pemberontak Suriah yang digelar pada Minggu (9/3) kemarin.

Kabarnya, para biarawati dalam kondisi baik, kecuali satu diantaranya terserang asma. Mereka diculik saat pasukan pemberontak memasuki kota Maaloula, kota kuno umat Kristiani di Suriah pada akhir tahun 2013 silam. Mereka diduga menjadi tawanan atas perlawanan terhadap pasukan pemerintah Suriah.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Film 'Noah' Dilarang Tayang di Negara Arab

Cinta Indonesia? Join IMAGO Creative Conference!

Yenny Wahid, Berbagi Kebhinekaan di IMAGO Creative Conference

Program Solusi Menginspirasi Hidupku

Sumber : Nytimes.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami