Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru: Negara, Pasar, dan Cita-Cita Keadilan

Book / 10 March 2014

Kalangan Sendiri

Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru: Negara, Pasar, dan Cita-Cita Keadilan

eva Official Writer
3453

Dalam buku ini Faisal Basri mengajak pembaca untuk berdialog tentang cita-cita bangsa Indonesia dan konsekuensi yang perlu ditanggung berkaitan dengan penyusunan langkah tata kelola pembangunan.

Bertolak dari indicator-indikator ekonomi, Faisal kemudian masuk ked ala dialog yang lebih mendalam terkait pencarian jalan keluar dari kemelut yang selama ini melilit pemerintah Indonesia.

Berbagai aspek pembenahan perekonomian dan pemerintahan Indonesia kemudian dibahas lebih kanjut oleh para penanggapnya: Thee Kian Wee, Handi Risza, A. Prasetyantoko, Indrasari Tjandraningsih, dan Budi Hikmat. Semuanya menunjukkan sejumlah harapan yang patut dibanggakan tapi juga catatan yang patut diwaspadai.

Bermula dari Nurcholish Madjid Memorial Lecture VI (2002), di buku ini Faisal mengingatkan perlunya bangsa Indonesia mendesain ulang scenario pertumbuhan ekonominya. Buku ini penting dibaca oleh siapa pun yang terlibat dalam kegiatan ekonomi agar tidak kehilangan jiwa sosial dan tidak mati rasa ketika berhadapan dengan ketimpangan sosial yang akut.

 

Pengarang  : Faisal Basri, dkk.

Penerbit     : PUSAD Paramadina bekerja sama dengan The Ford Foundation

ISBN         : 9789797720407

 

 

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami