daniel.tanamal

Official Writer
4593


Agamawan Romo Franz Magnis Suseno menyatakan bahwa saat ini situasi dan kondisi di Indonesia masih dapat dikatakan normal, terlepas dari iklim politik yang tengah memanas menjelang pemiihan umum dan juga beberapa masalah di bidang lainnya.

"Tidak tepat jika mengatakan bahwa Indonesia saat ini mengalami krisis. Saat ini Indonesia masih suatu negara yang normal, mengapa? karena kita bisa berkunjung mulai sabang sampai merauke dengan aman. Kalau ada perasaan mengapa kondisi saat ini buruk, mungkin karena itu masalah-masalah di bidang perpolitikan yang seperti tidak selesai-selesai," katanya dalam diskusi publik di Maarif Institute, Selasa (4/3).

Guru besar filsafat STF Driyarkara ini juga menepis anggapan jika dikatakan saat ini bahwa perbedaan agama menjadi penyebab utama konflik di masyarakat. "Saya tidak melihat disintergrasi bangsa. Konflik-konflik di daerah seperti di Lampung itu terjadi antara pendatang yang adalah Hindu Bali dengan penduduk asli yang Muslim. Namun bukan antara Hindu dengan Islam. Perbedaan agama bisa menambah, namun tidak bisa menjadi penyebab utama konflik."

Romo Magnis justru menekankan pada penyelesaian masalah yang seharusnya ditangani secara serius oleh pemerintah pusat. Menurutnya saat ini pemerintah lemah dalam menangani langsung setiap masalah yang timbul. "Pemerintah juga seperti terlihat tidak betul-betul melindungi masyarakatnya," tambahnya.

Semakin banyaknya kasus dan masalah-masalah di Indonesia, seharusnya dapat diambil pelajaran agar setiap masyarakat dapat bijak untuk melihat situasi yang terjadi dan tidak kembali ikut terperosok dalam lubang yang sama.

 

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Mei 2


7254

Banner Mitra April Week 3