Romo Magnis: Agama Bukan Penyebab Konflik Utama
Sumber: Jawaban.com | Daniel Tanamal

Nasional / 5 March 2014

Kalangan Sendiri

Romo Magnis: Agama Bukan Penyebab Konflik Utama

daniel.tanamal Official Writer
5584

Agamawan Romo Franz Magnis Suseno menyatakan bahwa saat ini situasi dan kondisi di Indonesia masih dapat dikatakan normal, terlepas dari iklim politik yang tengah memanas menjelang pemiihan umum dan juga beberapa masalah di bidang lainnya.

“Tidak tepat jika mengatakan bahwa Indonesia saat ini mengalami krisis. Saat ini Indonesia masih suatu negara yang normal, mengapa? karena kita bisa berkunjung mulai sabang sampai merauke dengan aman. Kalau ada perasaan mengapa kondisi saat ini buruk, mungkin karena itu masalah-masalah di bidang perpolitikan yang seperti tidak selesai-selesai,” katanya dalam diskusi publik di Maarif Institute, Selasa (4/3).

Guru besar filsafat STF Driyarkara ini juga menepis anggapan jika dikatakan saat ini bahwa perbedaan agama menjadi penyebab utama konflik di masyarakat. “Saya tidak melihat disintergrasi bangsa. Konflik-konflik di daerah seperti di Lampung itu terjadi antara pendatang yang adalah Hindu Bali dengan penduduk asli yang Muslim. Namun bukan antara Hindu dengan Islam. Perbedaan agama bisa menambah, namun tidak bisa menjadi penyebab utama konflik.”

Romo Magnis justru menekankan pada penyelesaian masalah yang seharusnya ditangani secara serius oleh pemerintah pusat. Menurutnya saat ini pemerintah lemah dalam menangani langsung setiap masalah yang timbul. “Pemerintah juga seperti terlihat tidak betul-betul melindungi masyarakatnya,” tambahnya.

Semakin banyaknya kasus dan masalah-masalah di Indonesia, seharusnya dapat diambil pelajaran agar setiap masyarakat dapat bijak untuk melihat situasi yang terjadi dan tidak kembali ikut terperosok dalam lubang yang sama.

 

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami