Manusia Batiniah

Manusia Batiniah

Budhi Marpaung Official Writer
15046

Setiap manusia memiliki dua sisi kehidupan yakni sisi lahiriah dan batiniah. Secara sederhana perbedaan keduanya adalah, sisi lahiriah adalah hal-hal yang kelihatan. Sedangkan sisi batiniah merupakan hal-hal yang tidak kelihatan.

Seringkali manusia – termasuk mereka yang mengaku pengikut Kristus – lebih memfokuskan kepada salah satu sisi kehidupannya saja. Dan yang lebih banyak dilatih (dikasih “makan”) hari demi hari adalah sisi lahiriah. Padahal sisi batin manusia juga penting.

Alkitab bahkan secara tegas menunjukkan kepada kita alasan mengapa perlu membangun manusia batiniah.    

1. Supaya kita dapat beribadah, bersekutu dengan Allah, Pada saat hidup dalam dosa, batin akan tidak dapat berhubungan dengan-Nya.

Ibrani 9:14 : “betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.”

2. Manusia batin kita juga perlu diberi makan. Matius 4:4 : “Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Ada 2 jenis makanan, yaitu roti sebagai makanan jasmani, dan makanan rohani yaitu setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.

3. Manusia batin kita juga perlu diperbaharui dari hari ke hari. Rohani kita bisa mengalami kemunduran, tetapi rohani juga bisa diperbaharui sehingga kita makin maju dan makin kuat dalam Tuhan (2 Korintus 4 : 16 -17).

4. Manusia batin kita harus dilatih supaya menjadi gaya hidup dan mengalami kuasa Firman Tuhan yang hidup. 1 Tim 4:7-8 : Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

 

Dalam proses membangun manusia batiniah, kita akan menghadapi berbagai macam tantangan baik dari dalam maupun luar diri kita. Oleh sebab itu, komitmen dan penyertaan Roh Kudus perlu senantiasa kita perkatakan (minta).

Memang tidak pernah mudah untuk membangun manusia batiniah, tetapi selama kita terus setia malakukannya, itu akan semakin kuat dan keserupaan dengan Kristus semakin dalam nyata dalam kita.


Baca juga :

Tak Seorang Manusia Pun Sanggup Melunasi Hutang Dosa

Join IMAGO Festival 2014  

 5 Selebritas yang Kabarnya Punya Masalah Bau Mulut

Akhir Dari Hubungan Seks Sebelum Menikah Pasti Penyesalan

Biografi Calon Presiden Wiranto dari Partai Hanura

Sumber : GKKD Bogor / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami