Sol Campbell Tuding FA Bersikap Rasis

Nasional / 1 March 2014

Kalangan Sendiri

Sol Campbell Tuding FA Bersikap Rasis

daniel.tanamal Official Writer
3910

Federasi Sepakbola Inggris (FA) mendapat tudingan serius dari mantan pemain Arsenal Sol Campbell, yang sekaligus juga mantan punggawa Timnas The Three Lions tersebut terkait penunjukan kapten timnas. Menurut Campbell FA bertindak rasis, karena melihat warna kulit dalam memilih kapten.

"Saya yakin apabila saya berkulit putih, saya bisa jadi kapten Inggris selama lebih dari 10 tahun. Cuma itu saja. Saya pikir FA berharap saya berkulit putih. Saya punya kredibilitas, bijaksana untuk menjadi kapten. Saya selalu konsisten di jantung pertahanan dan pernah menjadi kapten klub di awal karir saya," tulis Campbell.

Campbell mengatakan hal itu dalam biografi resmi yang diterbitkan oleh The Times. "Saya pikir itu tidak bisa untuk mengubahnya karena mereka tidak ingin dan mungkin sebagian besar fans juga tidak menginginkan hal itu. Tidak masalah memiliki kapten kulit hitam dan ras campuran di tim U-18 dan U-21 tetapi tidak untuk tim nasional senior. Ada tembok penghalangnya dan meskipun tidak ada seorang pun pernah mengatakan itu, saya percaya ini adalah rahasia umum.”

Rasisme didalam dunia olahraga, terkhusus sepakbola masih mewabah. sikap kebencian seperti ini harus diputuskan sebelum mengakar hingga ke generasi berikutnya. Campbell telah bersama Union Jack selama 73 kali penampilan. Selama berkarir sebagai pemain dirinya membela Tottenham Hotspur, Arsenal dan Newcastle.



Sumber : Bola.net
Halaman :
1

Ikuti Kami