Dampak Psikologis Kesehatan Mulut yang Buruk

Dampak Psikologis Kesehatan Mulut yang Buruk

Budhi Marpaung Official Writer
3447

Mulut merupakan organ penting bagi manusia. Selain untuk berkomunikasi dengan orang lain, mulut dapat memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan, di saat Anda sedang kebingungan mencari jalan, terlepas ada teknologi GPS saat ini, tetapi tetap saja Anda harus bertanya kepada orang lain agar bisa menemukan jalan yang Anda mau tuju.

Mengingat begitu pentingnya mulut maka kesehatannya pun harus diperhatikan. Sebab kesehatan mulut yang buruk dapat membawa dampak negatif terhadap diri Anda dan bahkan hasil dari apa yang Anda sedang lakukan.

Profesor asal Inggris, Ian Needleman, Ph.D., menyatakan ada tiga efek yang bisa dialami saat seseorang memiliki mulut yang bau busuk, yakni yang pertama adalah efek langsung berupa rasa sakit secara fisik dan sensitivitas; lalu yang kedua adalah peradangan sistematis yaitu meningkatkan risiko cedera dan terhambatnya penyembuhan dan pemulihan otot; serta terakhir adalah berdampak pada psikologis.

Menurut Needleman, dampak psikologis dari kesehatan mulut yang buruk adalah terganggunya kepercayaan diri dan kualitas hidup seseorang, serta adanya potensi mengacaukan fokus orang tersebut.

Oleh karena itu, mulai sekarang perhatikanlah kesehatan mulut Anda setiap harinya. Gosok gigi sebagaimana yang dianjurkan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), kumur mulut dengan obat kumur sehabis gosok gigi dan hindari makanan yang menyebabkan mulut Anda berbau kurang sedap.

Akhir tulisan, katakan tidak pada kesehatan mulut yang buruk !

 

Baca juga :

Mendengkur, Penyebab Masalah Mulut dan Gigi

Tanda-Tanda Akhir Zaman

Join IMAGO Festival 2014  

 5 Selebritas yang Kabarnya Punya Masalah Bau Mulut

Tepatkah Jika Istri Lebih Dominan di Ranjang?

Sumber : waspada.co.id / bm

Ikuti Kami